10 Sapi Mati di Nunukan dengan Mulut Berbusa di Area Perkebunan Kelapa Sawit

10 Sapi Mati di Nunukan dengan Mulut Berbusa di Area Perkebunan Kelapa Sawit
(arenahewan.com: google)
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 27 Januari 2024 13:55 WIB

Terasjabar.Id - Pemilik sapi bernama Asmar (49) telah melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian.


"Ada laporan sepuluh ekor sapi tewas dalam kondisi mulut berbusa layaknya keracunan di areal perkebunan kelapa sawit milik PT. KHL, yang kita terima kemarin siang pukul 11.00 Wita," ujar Kapolsek Sebuku, Iptu Tegar Saputra, saat dihubungi, Sabtu (27/1/2024).

Kapolsek menjelaskan, Asmar yang merupakan warga Desa Harapan, Kecamatan Tulin Onsoi terakhir kali melihat sapi-sapinya masih hidup pada Kamis (25/1/2024).


Keesokan harinya atau pada Jumat (26/1/2024), Asmar tak mendapati satu pun sapinya di kebun plasma.

Setelah dua jam berkeliling mencari, Asmar akhirnya melihat 10 ekor sapinya sudah tergeletak tak bernyawa dalam satu lokasi dan saling berdekatan.

Bagian mulut dan hidung sapi tersebut mengeluarkan busa dan cairan darah yang diduga akibat efek racun. "Jadi warga setempat, memelihara sapi dengan cara dilepasliarkan untuk mencari rumput sendiri. Sedangkan lokasi berumput, memang banyak berada di areal kebun kelapa sawit. Itu sebabnya, sapi-sapi tersebut berada di tengah perkebunan," jelasnya.

Polisi kemudian melakukan investigasi lapangan untuk merespons laporan Asmar. Sayangnya belum ditemukan saksi yang mengetahui peristiwa tewasnya 10 sapi tersebut.

"Posisi sapi yang mati juga berada tidak jauh dari sungai," imbuhnya. Polisi memutuskan untuk mengambil sampel darah sapi yang tewas, dan berkoordinasi dengan dokter hewan di Kecamatan Sebuku, untuk memastikan penyebab kematian sapi sapi milik Asmar.

Polisi mendapatkan informasi bahwa pihak perusahaan sudah mengeluarkan imbauan melarang warga untuk tidak melepas hewan peliharaan mereka di kebun plasma perusahaan. Imbauan tersebut, disertai penjelasan, bahwa pihak perusahaan, sedang melakukan perawatan pohon kelapa sawit dan menyemprotkan racun rumput yang mengganggu tumbuh kembang tanaman kelapa sawit.

"Dengan banyaknya kemungkinan dan keterangan yang diperoleh polisi di lapangan, alangkah bijaknya jika semua pihak mau bersabar, dan menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari sample darah yang masih diteliti dokter hewan," kata Tegar.

Sebenarnya, lanjutnya, pemilik sapi, Asmar, tidak menuntut ganti rugi pihak perusahaan. Asmar bahkan mengaku sudah tahu ada imbauan dari perusahaan agar tidak menggembala di areal plasma, selagi ada perawatan dan pemeliharaan pohon kelapa sawit.

"Si pemilik sapi, Asmar, hanya meminta kepastian hukum, apakah sapinya tewas karena diracuni, atau murni tewas akibat memakan rumput yang diracun oleh perusahaan," kata dia.

Sumber: kompas.com

Sapi Nunukan Mati Berbusa Kelapa Sawit Kalimantan Utara


Loading...