PROFIL dan BIODATA Afan DA5, Masih Muda dan Berbakat Juga Punya Fanbase Besar

PROFIL dan BIODATA Afan DA5, Masih Muda dan Berbakat Juga Punya Fanbase Besar
Pinterest
Editor: Malda Teras Seleb —Kamis, 6 Juli 2023 14:47 WIB

Terasjabar.id – Afan DA5 adalah penyanyi jebolan Dangdut Academy 5 yang dikenal dengan paras imutnya. Masih berusia 14 tahun, setelah jadi juara ajang berbakat itu, Afan kemudian terjun di dunia akting. Ia beradu peran dengan Raden Rakha hingga Basmalah Gralind. 

Meski baru debut beberapa bulan yang lalu, tapi Afan sudah punya fanbase cukup besar. Ingin kenalan lebih lanjut? Yuk simak profil dan biodata Afan DA5 di bawah ini.

1. Latar Belakang Afan DA5

Ahmad Afan Khadafy mengikuti jejak orang tua sebagai penyanyi dangdut. Sang ayah tak lain adalah Aan KDI (Kompetisi Dangdut Indonesia). Aan ikut kontes KDI pada tahun 2004 dan berhasil menduduki posisi keempat di musim pertama itu. 

Sementara Ibu Afan bernama Farhana. Dari penelusuran Zigi.id, cowok 14 tahun tersebut memiliki satu adik bernama Haikal yang berusia 3 tahun lebih muda. Tidak diketahui apakah sang adik akan mengikuti jejak kakak dan ayahnya terjun di dunia dangdut. 

Dari penelusuran Zigi.id Afan bersekolah di SMPN 1 Lemahaabang, Karawang. Hal ini diketahui dari video unggahan channel YouTube Lukman Nulhakim. Pada 25 November 2020, Afan yang menggunakan seragam SMP menyanyikan lagu Terima Kasihku. 

2. Punya Fanbase Besar

Afan DA
Photo : Instagram @da5_afan
Afan DA

Setelah dinyatakan sebagai pemenang, Afan punya ganbase yang diberi nama Sahabat Afan. Fanbase ini aktif di akun Instagram @afan_aan_officialAkun tersebut membagikan momen saat Afan di backstage, bersama keluarga, teman, atau saat sedang syuting.

3. Karier Afan DA5

Afan DA
Photo : Instagram @da5_afan
Afan DA

Karier Afan meningkat usai berada di peringkat tiga di kompetisi Dangdut Academy 5. Ia kemudian terjun di dunia akting dengan main di sinetron Panggilan yang tayang di Indosiar. Ia beradu akting dengan Raden Rakha hingga Basmalah Gralind. 

Usai dari Panggilan, ia kembali mendapat tawaran untuk main di judul Magic 5, lagi-lagi dengan Raden Rakha, Basmalah Gralind, Sridevi DA, Eby DA. Dalam press conference, keempat pemain lain mengaku Afan adalah aktor yang sulit diatur. 

Untuk keperluan syuting, Afan duet dengan Devi dan Eby membawakan lagu berjudul Bertauhid. Ini adalah lagu yang jadi salah satu soundtack dari sinetron Magic 5.

4. Afan DA5 dan Sridevi DA Digosipkan Cinlok

Afan DA dan Sridevi DA
Photo : Instagram @afan.devi
Afan DA dan Sridevi DA

Jika Afan berhasil meraih juara 3, Sridevi mendapat kedudukan pertama dalam ajang Dangdut Academy 5. Selama berkompetisi, keduanya kerap menunjukan kedekatan, mulai dari saling lempar kode kangen hingga membuat interaksi manis di atas panggung. Dari penelusuran Zigi.id, muncul fanbase yang mendukung hubungan keduanya. 

Kemudian sekitar Desember 2022, Afan memberikan klarifikasi status hubungan dengan Devi kepada publik. Ia menegaskan dirinya dan Devi hanya sekadar berteman, meski kerap jalan bareng. Warganet lantas meminta kedua penyanyi dangdut itu untuk fokus meniti karier saja dibanding terlibat persoalan cinta. Pasalnya Devi dan Afan masih berusia 14 tahun.

5. Biodata Afan DA 5

Afan DA
Photo : Instagram @da5_afan
Afan DA
  • Nama lengkap: Ahmad Afan Khadafy
  • Nama panggung: Afan, Afan DA 5
  • Kota asal: Jakarta Barat
  • Tanggal lahir: 2008
  • Umur: 14 tahun
  • Sekolah: SMP Negeri 1 Lemahabang
  • Agama: Islam
  • Orang tua: Aan KDI dan Farhana
  • Pendidikan: SMP
  • Profesi: Penyanyi dangdut, aktor
  • Akun Instagram: @da5_afan

Demikian profil dan biodata Afan DA5 yang saat ini tengah naik daun dengan beragam proyek. Jangan lupa follow Instagram Afan untuk tahu aktivitas terbarunya. 

(Sumber: Zigi.id) 

Afan DA5 Profil Viral Biodata Afan DA 5 Basmalah Gralind Juara Akting KDI


Loading...