Telah Dilakukan Pengabdian Pada Masyarakat

Telah Dilakukan Pengabdian Pada Masyarakat
Mia Nurkanti
Editor: Jajang Teras Garut —15 jam 41 menit lalu

TERASJABAR.ID - Mia Nurkanti adalah salah satu dosen Universitas Pasundan dan telah melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat dalam rangka kegiatan Hibah PKM dari Kemenristekdikti tahun 2024.

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bertanam hidroponik yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Hingga laporan ini dibuat, program telah melalui beberapa tahapan penting.

Ia menjelaskan, tim pengabdian melakukan sosialisasi program. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa sasaran sangat antusias serta membutuhkan peningkatan kapasitas dalam bidang pendidikan, kewirausahaan, dan kesehatan.

Selanjutnya, tim melakukan penyuluhan dan pelatihan-pelatihan yang relevan, seperti pelatihan menyemai bibit, teknis hidroponik, hingga panen.

"Program ini telah berhasil mencapai 70% dari target yang direncanakan, dengan dukungan penuh dari masyarakat setempat," ujar Mia melalui WhatsApp pada Kamis (19/9/2024).

Ia mengungkapkan, evaluasi sementara menunjukkan respons positif dari para peserta, dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang signifikan.

"Tim pengabdian berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan sesuai rencana dan mengatasi tantangan yang muncul di lapangan agar program ini dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Mia membuat laporan kemajuan pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Bertanam Hidroponik Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Kampung Munjul Desa Cintarakyat Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut'. ***Jajang Sukmana

Pengabdian kepada masyarakat UNPAS


Loading...