Danrem 062/Tn Tinjau Lokasi Terdampak Gempa "Sesar Garsela" Berkekuatan 5.0 Magnitudo

Danrem 062/Tn Tinjau Lokasi Terdampak Gempa
Editor: Jajang Teras Garut —15 jam 18 menit lalu

TERASJABAR.ID - Komandan Korem 062/Tn Kolonel Arh Rudi Ragil. SP, S,Sos., M.Si, didampingi Dandim 0611/Grt Letkol Czi Danisworo, S.Sos, Kasiter Korem 062/Tn Letkol Inf Komarudin, A.Md., BPBD dan Fokopimcam Pasirwangi, meninjau lokasi terdampak bencana gempa di Desa Barusari, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Jumat (20/09/2024).

Gempa berkekuatan magnitudo 5,0. terjadi Rabu (18/9/2024), pukul 09.41 WIB. Berada di titik koordinat 7,19 Lintang Selatan dan 107,67 Bujur Timur. Dengan pusat gempa terletak di 24 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 10 Km, dan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Mengguncang Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut, menimbulkan kerusakan bangunan dibeberapa tempat.

Di Kabupaten Garut sendiri khususnya Kecamatan Pasirwangi, terdapat 6 rumah yang mengalami kerusakan cukup berat, di Kp. Cidatar. diantaranya, milik Bpk. Oha, Bpk Juju dan Bpk Mahpudin, sedangkan di Kp. Negla rumah milik Bpk Anang, Ibu Aminah dan Ibu Iting.

Menurut Danrem pada saat peninjauan mengatakan, "kita selaku Apkowil sepatutnya harus peduli dengan melakukan pengecekan langsung ke lokasi untuk mendapatkan data yang akurat terhadap warga yang terdampak bencana, sehingga Korem 062/Tn, dapat mengambil langkah yang tepat dalam memberikan bantuan dengan skala prioritas.

Danrem juga menambahkan, "beberapa rumah yang terdampak dikarenakan bangunan tersebut tidak menggunakan besi beton sehingga mudah sekali rusak apabila terjadi gempa, juga penggunaan material adukan yang kurang seimbang antara semen dengan pasir, mengakibatkan tembok rumah sangat rapuh," ujarnya. (Penrem 062/Tn)

Giat Korem 062/tn


Loading...