SMPN 1 Karangtengah Kelola Sampah Plastik Menjadi Bernilai Positif

SMPN 1 Karangtengah Kelola Sampah Plastik Menjadi Bernilai Positif
Editor: Jajang Teras Garut —7 jam 41 menit lalu

TERASJABAR.ID - Banyaknya sampah plastik menjadi masalah serius di kehidupan, mengingat dampak negatif yang ditimbulkan, karena sampah plastik ini merupakan sampah non organik yang membutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk terurai, dan setiap hari selalu menggunakan plastik untuk kebutuhan seperti pembungkus makanan atau minuman, botol air mineral, dan masih banyak yang lainnya.

Meskipun memiliki dampak negatif cukup besar, tapi bila di manfaatkan dan dipergunakan dengan baik tentunya akan berbeda. Untuk itulah keberadaan sampah plastik ini menjadi perhatian Kepala SMPN 1 Karangtengah, Hj. Teti Salehati S.Pd., M.Pd., dengan dijadikan Ecobrick.

Awalnya para murid diberi tugas mengumpulkan botol bekas air mineral, dan sampah-sampah plastik serta kertas di sekitar sekolah dan rumah. Setelah terkumpul kemudian dipilah, dibersihkan, digunting, lalu dimasukkan ke dalam botol air mineral sehingga kelihatan warna-warni dan indah untuk dilihat.

"Alhamdulillah, semua murid antusias dan semangat mengerjakan projek ini, sehingga kerangka besi nama sekolah yang telah disiapkan terpenuhi dengan Ecobrick," terangnya pada Sabtu (21/9/2024) melalui WhatsApp.

Menurutnya kegiatan ini masuk kedalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu tema Gaya Hidup Berkelanjutan, dan Ecobrick ini merupakan salah satu usaha kreatif untuk menanggulangi masalah sampah plastik di sekolah.

Selain itu, pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick ini dapat menjadi kebiasaan positif, yang pada akhirnya sampah plastik di sekolah yang dipimpinnya semakin bisa terkendali. ***Jajang Sukmana

Kelola Sampah Plastik Jadi Ecobrick


Loading...