PENGUATAN KOMPETENSI PEJABAT FUNGSIONAL PERENCANA, BAPPELITBANGDA KOTA CIMAHI GELAR IN HOUSE TRAINING PENYUSUNAN DUPAK

PENGUATAN KOMPETENSI PEJABAT FUNGSIONAL PERENCANA, BAPPELITBANGDA KOTA CIMAHI GELAR IN HOUSE TRAINING PENYUSUNAN DUPAK
Editor: Epenz Teras Cimahi —Kamis, 11 Agustus 2022 14:15 WIB

Cimahi, Terasjabar.id -- Pemerintah Kota Cimahi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kota Cimahi menggelar in House Training Penyusunan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (Dupak) dan Laporan Angka Kredit bagi Jabatan Fungsional Perencana Se-Kota Cimahi Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Gedung B Kantor Pemerintah Kota Cimahi, Kamis (11/08).

Kegiatan in House Training ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi serta penguatan peran dan fungsi Pejabat Fungsional Perencana untuk mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional sebagai profesi dengan memiliki keahlian di bidang perencanaan.

Pejabat Funsional Perencana memiliki peran penting dalam suatu organisasi pemerintahan. Pejabat Fungsional Perencana adalah ASN yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan tugas teknis perencanan pembangunan di instansi pusat dan instansi daerah.

Pejabat Fungsional Perencana lah yang bertugas untuk menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan dan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah secara teratur dan sistematis, termasuk mengendalikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan yang terwujud dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah baik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Gambar

Sekretaris Daerah Kota Cimahi dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala BPKAD Kota Cimahi Chanifah  Listyarini, berharap melalui kegiatan in House Training ini Pejabat Fungsional Perencana dapat mengembangkan karirnya sesuai dengan aturan yang berlaku, “Semoga dengan adanya kegiatan in House Training ini seluruh Pejabat Fungsional Perencana  dapat mulai menulis laporan angka kredit  by output  maupun by process  dan menyusun DUPAK  yang harus dicapai untuk pengembangan karirnya serta mampu meningkatkan fungsi dan perannya sebagai ASN yang profesional dan berkualitas, yang memberikan kontribusi maksimal dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan Kota Cimahi,” tukasnya.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan in House Training Penyusunan Dupak dan Laporan Angka Kredit bagi Jabatan Fungsional Perencana Kota Cimahi, Ir. Oleh Suparjo dan Iwan Mulyawan, ST., M.Sc, Perencana Ahli Madya dari Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia (PPPI)  Komisariat Jawa Barat.  

Metoda pelaksanaan kegiatan adalah paparan dan presentasi narasumber secara panel dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi, serta simulasi pembuatan Laporan Angka Kredit bagi Pejabat Fungsional Perencana mulai dari tingkat Pertama, Muda dan Madya.

(Bidang IKPS/Dy)

Pemkot Cimahi BAPPELITBANGDA KOTA CIMAHI House Training Dupak ASN RPJPD


Loading...