2 Tahun Terhenti Akibat Pandemi Covid-19, Syukuran Hari Nelayan di Palabuhanratu Hari Ini Ramai Didatangi Warga

2 Tahun Terhenti Akibat Pandemi Covid-19, Syukuran Hari Nelayan di Palabuhanratu Hari Ini Ramai Didatangi Warga
Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin -- Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, gelaran syukuran Hari Nelayan kembali digelar di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (21/5/2022).
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 21 Mei 2022 10:04 WIB

Terasjabar.id - Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, gelaran syukuran Hari Nelayan kembali digelar di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (21/5/2022). 

Tahun ini, peringatan hari nelayan ke-62 digelar secara terbatas, putri nelayan yang terpilih pada 2020 lalu akhirnya di arak.

Arak-arakan alias karnaval dilakukan terbatas, biasanya sang putri diarak dari Pendopo Palabuhanratu, Jalan Siliwangi sampai ke Dermaga.

Hari ini, arak-arakan hanya dilakukan dari area Dermaga 1 sampai Dermaga 2 Palabuhanratu

Meskipun dilakukan terbatas, antusiasme warga terlihat seperti dilakukan arak-arakan dari pendopo ke dermaga yang terjadi pada tahun sebelum Covid-19. 

Warga terlihat berbondong-bondong menyaksikan dan mengikuti langsung arak-arakan.

Mereka pun nampak mengabadikan momen tahunan ini. 

Putri Nelayan, Silvana Yunita terlihat anggun dan cantik didampingi sang raja diarak dari Dermaga 1 ke Dermaga 2. 

Diketahui, di acara puncak peringatan hari nelayan ke-62 Palabuhanratu ini akan dilaksanakan upacara adat yang dihadiri Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri dan sejumlah pejabat Forkopimda. 

Lalu, akan dilaksanakan santunan jompo dan yatim, lalu acara utama dalam upacara adat ini ada larung saji, tabur lobster dan pagelaran seni budaya. 

Sebelumnya, Ketua Panita Hari Nelayan ke-62, Sep Radi Priadika mengatakan, larung saji akan dilakukan dengan menggunakan kerbau atau bahkan baby lobster. 

"Di acara puncak di tanggal 21 kita akan melaksanakan larung sesaji, apakah dengan kerbau, baby lobster atau benur, apakah tukik atau mungkin bisa saja semuanya," katanya.* (M Rizal Jalaludin)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 2 Tahun Tak Digelar, Syukuran Hari Nelayan di Palabuhanratu Hari Ini Ramai Didatangi Warga, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/21/2-tahun-tak-digelar-syukuran-hari-nelayan-di-palabuhanratu-hari-ini-ramai-didatangi-warga.
Penulis: M RIZAL JALALUDIN | Editor: Ravianto

Pandemi Covid-19 Kabupaten Sukabumi Jabar Pendopo Palabuhanratu


Loading...