Walikota Bandung Yana Mulyana Ajak Warga Kelola Sampah di Lingkungan Sendiri, Antisipasi TPA Sarimukti Tutup

Walikota Bandung Yana Mulyana Ajak Warga Kelola Sampah di Lingkungan Sendiri, Antisipasi TPA Sarimukti Tutup
Tribun Jabar/ Muhamad Nandri Prilatama -- Wali Kota Bandung, Yana Mulyana
Editor: Epenz Teras Bandung —Minggu, 15 Mei 2022 15:14 WIB

Terasjabar.id - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi mengelola sampah di Bandung, mulai pengurus lingkungan, komunitas, sampai warga umum dalam mengatasi permasalahan sampah, salahsatunya mendaur ulang sampah organik dan anorganik, serta tata kelola pengolahan sampah di tingkatan terendah.

"Pemkot tak bisa selesaikan sendirian butuh partisipasi masyarakat selesaikan sampah di lingkungan masing-masing minimalnya," katanya di Antapani, Minggu (15/5/2022).

Produksi sampah Kota Bandung per harinya sebanyak 1500 ton. Bila tidak dikelola dengan baik dan benar, maka kata Yana bakal menjadi masalah besar.

"Kemungkinan tahun depannya TPA Sarimukti tutup. Saya juga tak yakin 2024 TPA Legok Nangka beroperasi. Jadi, saya harap sampah bisa dikelola lebih awal sebelum ke TPS," katanya.

Dia yakin kolaborasi dan kerjasama dari berbagai pihak dapat menyelesaikan berbagai masalah sampah di perkotaan agar Bandung semakin membaik.

Ketua RW 7 Kelurahan Antapani Kidul, Maman Sulaeman bersyukur telah diresmikannya sarana pengolahan sampah dan sarana olahraga di lingkungannya.

Dia menyebut saat ini warga diajak untuk memilah dan memilih sampah organik serta anorganik.

"Sampah organik kami olah jadi pupuk kompos dan sampah anorganik bisa diolah agar memiliki nilai ekonomi sendiri. Kalau tidak membantu dengan 3R (reduce, reuse, recycle) atau Kang Pisman maka untuk menangani sampah di Kota Bandung akan sulit. Mari sama-sama membantu pemerintah kota tercinta," katanya. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Yana Mulyana Ajak Warga Bandung Kelola Sampah di Lingkungan Sendiri, Antisipasi TPA Sarimukti Tutup, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/15/yana-mulyana-ajak-warga-bandung-kelola-sampah-di-lingkungan-sendiri-antisipasi-tpa-sarimukti-tutup.
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Seli Andina Miranti

Wali Kota Bandung Sampah Masyarakat TPA Sarimukti


Loading...