Tinggal Melawan Myanmar, Shin Tae-yong Pede Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal dan Lolos ke Final SEA Games

Tinggal Melawan Myanmar, Shin Tae-yong Pede Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal dan Lolos ke Final SEA Games
(Bola Okezone : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Sabtu, 14 Mei 2022 08:57 WIB

Terasjabar.id - Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, menunjukkan keyakinan setelah timnya mampu mengalahkan Filipina dengan skor 4-0 pada laga ketiga fase grup sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022). 

Shin Tae-yong bahkan beradi sesumbar, timnas U23 Indonesia akan lolos ke semifinal dan menjadi salah satu penantang medali emas di partai puncak sepak bola SEA Games 2021.

"Kami akan masuk semifinal. Sampai jumpa di final," kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers seusai laga seperti dikutip dari media Vietnam,  Zing News, kemarin.

Keyakinan  Shin Tae-yong tampaknya tak berlebihan.

Sebab, dengan tersingkirnya Filipina karena kekalahannya pada laga kemarin, pesaing Indonesia untuk meraih satu dari dua tiket  ke semifinal di Grup A hanya tinggal Vietnam dan Myanmar.

Di sisi lain, seperti halnya Indonesia, satu-satunya kekalahan Myanmar sejauh ini juga hanya dari Vietnam.

Laga Indonesia-Myanmar baru akan berlangsung, Minggu (15/5/2022) sore waktu Indonesia

Dalam catatan pertemuan kedua tim di ajang SEA Games, Indonesia sedikit unggul dari Myanmar.

Dikutip dari Soccerway, dalam 4 pertemuan terakhir di ajang SEA Games, Indonesia tercatat telah menang dalam 3 pertandingan.Pertemuan terakhir antara Indonesia dan Myanmar terjadi di babak semifinal SEA Games Manila 2019. Saat itu Indonesia menang dengan skor 4-2 dalam pertandingan yang digelar hingga babak tambahan waktu (extra time).

Pertemuan Indonesia dengan Myanmar juga terjadi di SEA Games 2017 di Malaysia.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia menang dengan skor 3-1.

Namun, pada SEA Games Singapura 2015, Indonesia kalah 2-4 dari Myanmar pada babak penyisihan grup A. Meski demikian,  saat itu, baik Myanmar maupun Indonesia sama-sama lolos ke babak semifinal.

Kemenangan lainnya Indonesia atas Myanmar juga terjadi pada  SEA Games 2013. Saat itu Garuda Muda unggul dengan skor tipis 1-0  dalam laga penuh tekanan yang digelar di Myanmar di Thuwanna YTC Stadium (Yangon).

Jalannya Pertandingan Indonesia Lawan Filipina

Laga Timnas U-23 Indonesia melawan Filipina, kemarin, berlangsung dalam tempo yang  cepat. Timnas U-23 Indonesia langsung mengambil inisiatif untuk menguasai permainan sejak babak pertama dimulai.

Peluang pertama baru tercipta pada menit ke-15 lewat sepakan Witan Sulaeman. Sayang masih bisa ditepis oleh kiper Filipina.

Indonesia akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-17 lewat gol debut Muhammad Ridwan.

Berawal dari umpan panjang Rizky Ridho, Egy Maulana Vikri lolos dari pengawalan bek Filipina dan memberikan umpan mendatar ke tiang jauh. Ridwan yang berlari dari belakang kemudian menyambut umpan tersebut dengan sepakan kaki kiri yang menjebol gawang Filipina.

Unggul satu gol, Indonesia tidak mengendurkan serangan dan beberapa peluang pun sempat diperoleh. Dua di antaranya melalui sepakan Witan yang masih bisa dihalau bek Filipina dan tendangan Ridwan yang masih melebar.

Terus menekan, Indonesia akhirnya sukses menggandakan keunggulan lewat gol yang dicetak Rizky Ridho. Rizky Ridho mencetak gol lewat sundulan usai menerima umpan tendangan bebas dari Syahrian Abimanyu. Hingga babak pertama usai, skor 2-0 untuk keunggulan Timnas U-23 Indonesia tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Filipina mencoba keluar dari tekanan dan berbalik menggempur pertahanan Indonesia. Pada menit ke-57, tendangan Jovin Bedic membentur mistar gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari.

Dua menit kemudian Filipina kembali mendapat peluang ketika Denis Chung mengirim umpan kepada Bedic yang berdiri bebas. Beruntung Ernando mampu memotong umpan tersebut.

Filipina kembali memiliki peluang pada menit ke-61. Beruntung bagi Indonesia, sepakan Oliver Bias masih melebar di samping gawang.

Setelah terus mendapat tekanan, Indonesia mendapat peluang pertama di babak kedua lewat Marselino Ferdinan. Sayang, sepakan Marselino masih terlalu lemah ketika tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Filipina.

Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-73.  Egy yang menerima umpan matang dari Irfan Jauhari akhirnya dapat menaklukkan penjaga gawang Filipina.

Indonesia nyaris menambah keunggulan pada menit ke-79. Sayang tendangan Ilham Rio Fahmi masih melambung di atas mistar gawang Filipina.

Gol keempat Indonesia tercipta pada menit ke-83 melalui tendangan penalti, setelah Ronaldo Kwateh dilanggar di kotak terlarang. Marselino yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan tugasnya dan membuat Indonesia unggul 4-0.

Skor 4-0 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan.

Dengan hasil ini, Indonesia langsung merangsek ke posisi puncak klasemen sementara Grup A dengan 6 poin dari 3 laga.

Namun, tak lama kembali tegusur dari posisi itu menyusul kemenangan Vietnam 1-0 atas Myanmar. (tribunnetwork/kompas.com)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tinggal Lawan Myanmar, Shin Tae-yong Pede Indonesia Melaju ke Semifinal dan Lolos ke Final SEA Games, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/14/tinggal-lawan-myanmar-shin-tae-yong-pede-indonesia-melaju-ke-semifinal-dan-lolos-ke-final-sea-games?page=all.

Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong Filipina SEA Games 2021


Loading...