POTRET Desa Disebut Lokasi Asli KKN di Desa Penari, Buktinya Ada Patung Penari

POTRET Desa Disebut Lokasi Asli KKN di Desa Penari, Buktinya Ada Patung Penari
Kolase Twitter @informasiBWI, Instagram @kknmovie - Patung Penari di Alas Gumitir yang disebut-sebut lokasi asli KKN di Desa Penari.
Editor: Epenz Hot News —Senin, 9 Mei 2022 11:54 WIB

Terasjabar.id - Berikut adalah potret Alas Gumitir, desa yang disebut-sebut sebagai lokasi asli kejadian KKN di Desa Penari karena punya patung penari.

Tayangnya film horor KKN di Desa Penari meninggalkan para penontonnya dengan segudang cerita mistis nan misterius yang membuat penasaran.

Para penonton mulai tebak-tebakan mengenai karakater asli KKN di Desa Penari, hingga lokasi kejadian sebenarnya.

Spekulasi pun bermunculan di media sosial tentang dimana lokasi asli cerita KKN di Desa Penari.

Salah satu nama desa yang mencuat adalah Alas Gumitir, sebuah lokasi yang terletak di Gunung Gumitir.

Gunung Gumitir sendiri terletak di wilayah perbatasan antara Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi, lebih tepatnya antara kecamatan Silo dengan kecamatan Kalibaru, Provinsi Jawa Timur.

Seperti yang diketahui sebelumnya, nama Kota Banyuwangi menjadi kandidiat kuat lokasi asli cerita KKN di Desa Penari.

patung penari alas gumitir
Patung Gandrung di Alas Gumitir yang disebut-sebut sebagai lokasi asli KKN di Desa Penari.

Dengan demikian, warganet semakin percaya dengan spekulasi bahwa Alas Gumitir adalah lokasi asli cerita KKN di Desa Penari.

Selain itu, hal yang menjadi alasan kuat lainnya adalah terdapat patung penari di Alas Gumitir.

Patung penari itu diberi nama Patung Gandrung Alas Gumitir yang terletak di jalur penghubung antara Banyuwangi dan Jember.

Banyak yang mempercayai bahwa patung tersebut diisi oleh arwah sehingga membuat aura mistis kental terasa bagi siapapun yang melewatinya.

Selain itu ada pula cerita dari pengguna akun TikTok @tasya.varys yang melakukan penelusuran melalui Google Earth, mencari lokasi asli KKN di Desa Penari.

Pengguna TikTok itu menelusuri Google Earth berdasarkan clue yang tersedia yaitu kabar yang menyebutkan bahwa lokasi KKN di Desa Penari terletak di paling timur Pulau Jawa dengan inisial Kota B.

lokasi asli kkn di desa penari
Penelusuran Google Earth mencari lokasi asli KKN di Desa Penari.

Kabar simpang siur itu juga menyebutkan bahwa desa tersebut terletak di tengah hutan dan belum memiliki akses jalan pun jauh dari pemukiman warga.

Tertujulah penelusuran Google Earth itu pada Gunung Gumitir.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan @tasya.varys melalui Google Earth, Gunung Gumitir memiliki suatu pemukiman kecil di tengah hutan, seperti spekulasi yang beredar.

Video itu kini sudah ditonton lebih dari 11 juta kali oleh warganet di TikTok.

Berikut adalah beberapa komentar warganet yang smaa-sama penasaran dengan lokasi asli KKN di Desa Penari.

"di scene filmynya juga tariannya mengarah ke tarian Banyuwangi min"

"Aku yakin sii ini di Banyuwangi.

1. Wahyu bilang 'Ga sekalian ke bali?' nah Banyuwangi kan deket banget sama Bali,"

"Itu emang di Banyuwangi, aku orang asli Banyuwangi emang tempat itu angker banget, itu di Kalibaru"

"Desa Darungan ada di Banyuwangi. Desanya udah tutup dari 12 tahun lalu."

"Kayanya ini valid soalnya di Alas Gumitir cuma ada satu desa"

CERITA MISTIS Adinda Thomas saat Syuting Film KKN di Desa Penari

Bagi yang belum tahu, film horor KKN di Desa Penari ini terinspirasi dari sebuah utas di Twitter yang mengangkat kisah dengan judul serupa.

Utas Twitter itu pertama kali oleh akun @SimpleM81378523 alias SimpleMan.

KKN di Desa Penari menceriktakan tentang kisah nyata para mahasiswa yang terjebak di sebuah desa misterius dimana mereka melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) pada tahun 2009.

Saat melakukan KKN itu, para mahasiswa mendapatkan gangguan-gangguan mistis.

Tidak hanya filmnya yang memiliki cerita mistis, namun para pemain film KKN di Desa Penari juga mengalami hal-hal misterius.

Salah satunya yaitu Adinda Thomas yang mengaku sempat pingsan ketika proses syuting film KKN di Desa Penari.

"Waktu itu emang sempet ada kejadian aku sempet ada blackout (jatuh pingsan) sedikti jatuh gitu," kata Adinda Thomas, dikutip dari kanal YouTube IntipSeleb Official pada Selasa (3/5/2022).

Adinda Thomas juga mengungkap bahwa saat itu dirinya sedang melakukan syuting yang dianggap sangat angker.

Saking angkernya, para pemain dan crew film KKN di Desa Penari menyebutnya dengan zona merah.

"Mungkin karena kecapean juga. Tapi, kita juga sedang syuting di area yang cukup berbahaya yah waktu itu dan adegannya juga cukup serem. Zona merahnya daerah sana," tambah Adinda Thomas.

Tidak hanya itu, para pemain KKN di Desa Penari juga saat berada di zona merah tersebut diwanti-wanti agar tidak melakukan hal-hal aneh.

"Emang kita udah diwanti-wanti untuk, 'Eh hati-hati ya, jaga sikap, jaga ini gitu,' pada hari itu juga aku physically lagi drop jadi mungkin terjadilah seperti itu," tutur Adinda Thomas.

Adinda Thomas mengaku ini pertama kalinya ia mengalami hal mistis. Ia juga menambahkan ada beberapa kejadian-kejadian aneh lainnya ketika proses syuting film KKN di Desa Penari.

"Waktu itu juga sempet ada beberapa kali di lokasi kaya lampu jatuh, lampunya gelantungan kaya goyang-goyang. Tapi itu masih normal ya, kayanya," ungkap Adinda Thomas ragu-ragu.

Pernyataan Adinda Thomas itu didukung pula oleh lawan mainnya Fajar Nugraha yang pada saat itu menjadi saksi jatuh pingsannya Adinda Thomas.

"Ketika take sama Dinda di tengah hutan yaitu zona merah. Pas Dinda mau ke set tiba-tiba dia pingsan," ungkap Fajar Nugraha di kesempatan berbeda, dikutip dari kanal YouTube CINEMA 21 pada Selasa (3/5/2022).



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul POTRET Desa Disebut Lokasi Asli KKN di Desa Penari, Buktinya Ada Patung Penari, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/09/potret-desa-disebut-lokasi-asli-kkn-di-desa-penari-buktinya-ada-patung-penari?page=all.
Penulis: Rheina Sukmawati | Editor: Mega Nugraha

KKN di Desa Penari Bioskop Lokasi asli


Loading...