Prestasi dan Penataan Sekolah Jadi Target Hj. Kartini : ‘’Ligar Bisa’’

Prestasi dan Penataan Sekolah Jadi Target Hj. Kartini : ‘’Ligar Bisa’’
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 24 Oktober 2024 22:07 WIB

TERASJABAR.ID - Sejak bulan Januari hingga Oktober 2024, Kepala SMPN 5 Garut, Hj. Kartini, S.Pd., M.Pd., menerapkan program pembiasaan positif serta berprestasi pada murid-muridnya termasuk pada pendidik dan kependidikannya.

Pada Rabu (23/10/2024). Hj. Kartini mengungkapkan, di bulan Oktober misalnya, murid-murid SMPN 5 Garut (Ligar) telah berhasil menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat pada Pasanggiri Pencak Silat Sinar Pusaka Putra se-Jabar dan Banten dalam perayaan Milad ke-64 yang berlangsung di GOR Bela Diri SOR RAA Adiwijaya, Jalan Proklamasi, Tarogong Kidul, Kabupaten Garut pada Kamis, 17 Oktober 2024.

“Alhamdulillah, murid-murid kami, Kevin Raisha A (8-B) berhasil meraih Juara 1 Utama, Azka Fitriani (8-F) Juara 3 Utama, dan Zaskia Khairunisa (8-C) Juara 1 Pemula serta Juara 1 Rampak,” terangnya.

Sementara di bulan September, salah satu muridnya, Razqa Tsaqiif Ahmad Sanjaya (9-E) berhasil meraih Juara 3 Nasional pada Taekwondo Open 2024 yang berlangsung pada tanggal 27-29 September 2024 di UPI Bandung, dan Nanda Alifia (7-B) meraih Juara 3 Petanque Jabar yang berlangsung di UNIGA.

“Di bulan Juni 2024, kami berhasil meraih Juara Mula 2, dan Juara Favorit pada LKB 30 yang berlangsung di SMK Sunan Ampel Sumedang, serta Kevin Raisha A (8-B) berhasil meraih Juara 4 Kabupaten pada O2SN 2024,” tambahnya.

Sedangkan untuk pembiasaan positif, SMPN 5 Garut punya kegiatan ciri khas keagamaan yang dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis yang di mulai pada pukul 06.30 - 07.40 WIB, berupa shalat dhuha, membaca al matsurat, tadarus Al-Quran, tausyiah dari siswa dan guru, serta melakukan embun pagi, menyambut dan mendoakan semua murid-muridnya di gerbang sekolah dari pukul 06.30 - 07.00 WIB setiap masuk sekolahnya.

SMPN 5 Garut juga selalu memperingati hari kelahirannya, dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti kegiatan ramadhan berupa tausyiah, berbagi takjil, dan santunan ke panti asuhan.

Sedangkan gerakan sekolah sehat, tes bakat dan minat, hari kesiapsiagaan bencana jadi agenda rutinnya, termasuk gerakan literasi setiap Selasa minggu ke-3 bagi semua murid-muridnya, dan kerja bakti opsih setiap Rabu minggu ke-5 oleh para murid organisasi.

Prestasi tersebut tak lepas dari adanya kegiatan ekstrakurikuler (Eskul) seperti, bola volley, basket, organisasi (OSIS, Pramuka, Paskibra, PKS, PMR), futsal, olah vokal, tahfidz, marawis, pencak silat.

Disisi lain, sekolah yang beralamat di Jl. Gunung Payung No. 36, Kelurahan Ciwalen, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat ini, terhitung mulai tanggal 03 Januari 2024 hingga 1 Juli 2025, melakukan penataan dan pemagaran halaman depan sekolah serta pengecatan ulang seluruh dinding lingkungan sekolah.

Selain itu, perbaikan sekat kelas lantai 3, perbaikan seluruh lantai keramik dan kaca jendela yang rusak/pecah dalam/luar ruang kelas, mengganti seluruh pintu kelas yang rusak parah.

Tak hanya itu, penghijauan lingkungan sekolah dan penanaman karakter hidup bersih pada siswa, meningkatkan kecepatan jaringan internet dari 24 Mbps menjadi 100 Mbps, juga mengupayakan memperoleh bantuan meja dan kursi serta penunjang KBM lainnya.

"Alhamdulillah, mendapatkan bantuan kursi dan meja, serta white board," terang Hj. Kartini, ia berjanji akan mengupayakan menindaklanjuti proses pembangunan baru yang terbengkalai. ***Jajang Sukmana

SMPN 5 Garut Kota


Loading...