PROFIL Mayjen Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Binsar Pandjaitan yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad

PROFIL Mayjen Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Binsar Pandjaitan yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Sabtu, 22 Januari 2022 13:02 WIB

Terasjabar.id - Menantu Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, Mayjen Maruli Simanjuntak ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Pangkostrad.

Penunjukan Mayjen Maruli Simanjuntak diteken Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa lewat Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI melalui Keputusan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Kapuspen TNI Mayjen TNI Prantara Santosa mengatakan, dari 328 perwira tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya menjabat di satuan-satuan baru TNI yang telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya menjabat di satuan-satuan baru TNI yang telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Satuan-satuan tersebut, kata Prantara, di antaranya Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI, dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI.

"Sedangkan 10 Jabatan Perwira Tinggi Bintang 3 dalam Keputusan Panglima TNI tersebut adalah Pangkogabwilhan 3 dijabat oleh Mayjen TNI Nyoman Cantiasa, Danjen Akademi TNI dijabat oleh Letjen TNI Bakti Agus Fajari, Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto, Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," kata Prantasa dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Sabtu (22/1/2022).

Selanjutnya, Dankodiklatad dijabat oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo, Pangkoarmada dijabat oleh Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Dan Pushidrosal dijabat oleh Laksdya TNI Nurhidayat, serta Dan Kodiklatal (dijabat oleh Mayjen TNI Mar Hartono).

"Pangkoopsudnas dijabat oleh Marsdya TNI Andyawan Martono, Dan Kodiklatau dijabat oleh Marsda TNI Nanang Santoso," kata Prantara.

Adapun jabatan Pangkostrad sendiri sudah kosong selama dua bulan terakhir setelah Jenderal Dudung Abdulrohman ditunjuk jadi KSAD.


Mayjen Maruli Simanjuntak lahir pada 27 Februari 1970. Jadi perwira tinggi TNI sejak 23 November 2020 mengemban amanat sebagai Pangdam IX/Udayana.

Dikutip dari Wikipedia, dia juga lulusan Akmil 1992 dan berpengalaman di bidang infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Sebelumnya, dia menjabat Komandan Paspampres. Maruli sendiri sempat disebut-sebut bakal jadi Pangkostrad

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Institut for Security and Strategic Study (ISES) Khairul Fahmi menilai, Maruli memiliki peluang lantaran tengah mengemban jabatan Pangdam atau pun pernah mengisi jabatan bintang dua lainnya.

"Tentu saja dalam hal ini Maruli memang memiliki peluang. Namun bukan hanya dia, ada sederetan perwira bintang dua yang juga layak untuk mengisi jabatan Pangkostrad," ujar Fahmi. (Tribunjabar.id)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul PROFIL Mayjen Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Binsar Pandjaitan yang Ditunjuk Jadi Pangkostrad, https://jabar.tribunnews.com/2022/01/22/profil-mayjen-maruli-simanjuntak-menantu-luhut-binsar-pandjaitan-yang-ditunjuk-jadi-pangkostrad.

Menko Marives Viral Panglima TNI Pangkostrad TNI AD Andika Perkasa


Loading...