Advertisement

Cek Daging di Pasar Swalayan, Diskanak Purwakarta Tak Temukan Adanya Peredaran Daging Celeng

Cek Daging di Pasar Swalayan, Diskanak Purwakarta Tak Temukan Adanya Peredaran Daging Celeng
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 18 Mei 2020 12:38 WIB

Terasjabar.id - Petugas pemeriksaan daging dan hasil ternak pada Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta melakukan pemeriksaan daging-daging juga telur yang ada di pasar swalayan yang berada di Jalan Pahlawan, Senin (18/5/2020).

Para petugas melihat dan mengecek suhu penyimpanan daging yang berada di pasar swalayan tersebut.

Kasi pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan pada Diskanak Purwakarta, Wini Karmila mengaku pengecekan ke pasar swalayan ini guna memastikan pasar swalayan tetap menjaga rantai dingin produk karena ada beberapa produk yang beku.

"Kami juga cek masalah higienitas peralatannya baik alat potong atau meja potong, dan sanitasi pegawai," ujarnya di sela-sela pemeriksaan.

Wini menegaskan produk daging diharuskan dibungkus untuk meminimalisasi adanya kontaminasi dari pembeli atau pengelola.

"Kalau daging itu terbuka justru akan beri kesempatan orang memegang produk tapi kalau dibungkus itu bakal minimalisasi terjadinya kontaminasi," katanya seraya menyarankan pihak pengelola memperhatikan higienitas, rantai dingin, juga peralatan.

Wini juga menegaskan bahwa pihaknya bukan hanya menjelang lebaran lakukan pemeriksaan juga pengecekan komoditas daging di pasar tradisional atau modern.

Tetapi, kata Wini, pihaknya secara rutin memang memeriksa berkala 3 bulan sekali secara intens.

Kesempatan sama, Divisi Manager Replant Giant Purwakarta, Acep Setiawan mengatakan pihaknya selalu menjaga kualitas dan juga kesegaran pada telur ayam dan daging termasuk pada penyimpanan produknya, sehingga terjaga kualitas produk yang dijualnya.

"Alhamdulillah gak ada (daging celeng). Kebetulan penjualan daging di kami meroket apalagi penjualan daging kerbau lantaran harga daging sapi naik. Jadi, banyak warga beralih ke daging kerbau karena harganya lebih ekonomis," ujarnya.

(Tribunjabar.id)


Daging Babi Daging Sapi Pasar Kabupaten Bandung Barat Purwakarta


Related Post



Loading...