Tetap Olaharaga selama di Rumah Aja, Baiknya Hindari Aktivitas Fisik Ini!

Tetap Olaharaga selama di Rumah Aja, Baiknya Hindari Aktivitas Fisik Ini!
Ilustrasi olahraga atau latihan fisik. (Shutterstock)
Editor: Admin Teras Health —Rabu, 13 Mei 2020 15:16 WIB

Terasjabar.id –  Masa karantina mandiri di rumah aja bukan berati kita bisa memanfaatkannya untuk bermalas-malasan. Semua orang harus tetap menggerakkan fisik agar lebih sehat dan tak mudah terinfeksi virus corona Covid-19.

Di Indonesia sendiri, kasus positif virus corona Covid-19 yang sudah terkonfirmasi hampir menyentuh 15 ribu orang.

Pemerintah pun sudah meminta masyarakat tetap di rumah aja untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas. Tetapi, semua orang juga perlu menggerakkan fisik selama di rumah aja.

Dilansir dari Express, olahraga memiliki dampak besar pada sistem kekebalan tubuh dan melakukannya secara teratur bisa meningkatkan pertahanan alami tubuh.

Tapi, bukan berarti seseorang harus olahraga ektsra dan terlalu memaksakan diri agar terhindar dari virus corona Covod-19. Sebab, satu jenis latihan fisik saja sudah cukup meningkatkan kekebalan tubuh.

Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)
Ilustrasi peregangan. (Shutterstock)

Selain itu, Anda juga harus menghindari aktivitas fisik yang substansial dan mendadak ketika berolahraga di rumah aja.

Aktivitas fisik yang substansial ini termasuk lari maraton di halaman rumah. Olahraga seperti ini hanya akan meningkatkan risiko cedera fisik.

Menurut pencipta aplikasi Covid-19 Symptom Study: King's College London and health science company ZOE, aktivitas fisik substansial ini juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh.

"Olahraga teratur juga terbukti meningkatkan kemampuan untuk mengatur sistem kekebalan tubuh, yang mungkin penting untuk menghindari gejala parah infeksi corona Covid-19 akibat reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh," katanya.

Aktivitas fisik mendukung sistem kekebalan tubuh dengan berbagai cara, termasuk mengurangi peradangan, meningkatkan keberadaan sel-sel kekebalan tubuh bawaan dan memengaruhi mikrobioma usus hingga mendukung pertahanan tubuh.

Ilustrasi olahraga yang membakar 100 kalori dalam 10 menit, setiap hari. (Shutterstock)
Ilustrasi olahraga yang membakar 100 kalori dalam 10 menit, setiap hari. (Shutterstock)

Sebaliknya, peningkatan aktivitas fisik secara mendadak bisa memberikan efek buruk pada pertahanan tubuh dan meningkatkan risiko cedera.

"Jadi, jangan langsung melakukan olahraga berat seperti lari maraton," jelasnya.

Adapun jenis latihan fisik yang terbaik untuk melindungi diri dari infeksi virus, termasuk berjalan, jogging atau bersepeda. Olahraga selama kurang dari 1 jam sudah memberikan sejumlah manfaat pada sistem kekebalan tubuh.

(Suara.com)

Tetap Olaharaga selama di Rumah Aja Baiknya Hindari Aktivitas Fisik Ini!


Loading...