Karyawan Pegadaian Meninggal Diduga Terinfeksi Virus Corona, Tidak Ada Gejala

Karyawan Pegadaian Meninggal Diduga Terinfeksi Virus Corona, Tidak Ada Gejala
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 3 April 2020 09:31 WIB

Terasjabar.id - Karyawan PT Pegadaian (Persero) wafat diduga terinfeksi virus corona (Covid-19). Dia bekerja di Kantor Pusat bagian Strategic Human Capital.

Sekretaris Perusahaan Pegadaian Swasono Amoeng Widodo menyebut, perseroan kehilangan sosok pekerja keras yang selama ini bekerja dengan dedikasi tinggi.

"Kabar meninggalnya beliau tentu sangat mengejutkan kami semua, mengingat saat terakhir bekerja pada Rabu, 18 Maret 2020 yang bersangkutan masih tampak sehat," katanya melalui keterangan resmi, Jumat (3/4/2020)

Dia memastikan, Pegadaian akan melakukan pelacakan (tracing) terhadap karyawan lain yang sempat berinteraksi dengan almarhum untuk mencegah penularan lebih lanjut. Selanjutnya, karyawan yang sempat berinteraksi atau berstatus ODP akan dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan rapid test.

Amoeng menyebut, Pegadaian sudah berupaya mengurangi risiko karyawan terpapar Covid-19. Salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui vaksinasi influenza secara bertahap sesuai ketersediaannya.

Vaksinasi influenza untuk tahap pertama diberikan kepada seluruh karyawan, baik berstatus karyawan tetap maupun outsource yang berada di Kantor Pusat dan Kantor Wilayah Jakarta serta kantor layanannya.

Sejak 19 Maret 2020, manajemen Pegadaian sudah menerapkan mekanisme bekerja dari rumah (Work From Home/WFH), dan hingga sekarang 90 persen dari karyawan di Kantor Pusat sudah melakukan WFH.

Sejak wabah virus corona merebak, Pegadaian sudah membentuk gugus Covid-19 di tingkat pusat dan wilayah yang dikenal dengan command centre penanggulangan Covid-19.

Tugas utama command center melakukan aktivitas preventif, kuratif, BCM (Business Continuity Management), mengomunikasikan baik kepada internal maupun eksternal, serta selalu memperbaharui informasi status ODP, PDP, suspek Covid-19.

"Khusus di kantor pusat, kami telah melakukan protocol Covid-19 dengan aktivitas kegiatan tanggal 16 Maret 2020, command centre sudah meminta seluruh unit kerja di kantor pusat untuk disinfektan setiap dua atau tiga hari sekali. Tanggal 17 Maret 2020, telah dilakukan sosialisasi Covid-19 untuk semua divisi," kata Amoeng.

Disadur dari iNews.id

Virus Corona Wabah Virus Corona Karyawan PT Pegadaian


Loading...