'Libatkan TNI-Polri dan Jadikan Stadion Tempat Tes Korona Massal' PKB

'Libatkan TNI-Polri dan Jadikan Stadion Tempat Tes Korona Massal' PKB
( iNews.id/Felldy Utama : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 21 Maret 2020 15:12 WIB

Terasjabar.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengusulkan kepada Pemerintah untuk melibat TNI-Polri terkait program tes massal virus korona (covid-19). PKB juga mengusulkan, penggunaan stadion sebagai tempat tes massal tersebut.

Anggota DPR Fraksi PKB Marwan Jafar mengatakan, saat ini sudah waktunya pemerintah melihat aggota TNI-Polri untuk membantu pelaksanaan tes korona massal. "Selain itu untuk membantu menyiapkan sarana dan prasarana hingga melakukan operasi sosialisasi tes cepat (rapid test) sampai ke desa-desa," katanya di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Anggota TNI/Polri, menurut Marwan, juga berperan dalam pengamanan lingkungan untuk mendukung saran Pemerintah menjalankan work from home (WFH) dan social distancing.

"Termasuk saat antar jemput dengan pesawat untuk mengambil dan mendistribusikan masker dan obat-obatan dari negara-negara yang membantu hingga menyalurkannya sampai daerah-daerah," ujarnya.

Marwan berharap pemerintah dapat memetakan dengan akurat dan menentukan sasaran prioritas masyarakat yang memenuhi syarat untuk menjalankan tes cepat korona khususnya di sejumlah episentrum dan titik kumpul yang dinilai berpotensi dan rawan.

"Beberapa titik mobilitas masyarakat di ibu kota misalnya di bandara, pelabuhan, terminal bisa menjadi sasaran tes cepat," katanya.

Pemerintah, Marwan menuturkan, dapat mengalihkan aset gedung termasuk stadion sebagai sarana kesehatan untuk mempercepat pelaksanaan tes cepat virus corona secara massal di Indonesia.

Selain itu, bisa juga balai pertemuan milik pemerintah, gedung-gedung atau balai pelatihan Kementerian/Lembaga baik di tingkat pusat maupun daerah, Balai Pertemuan Desa, serta gedung-gedung pertunjukan.

Marwan menekankan pentingnya sosialisasi protokol untuk gerakan Karantina Mandiri bagi masyarakat agar semua pihak lebih siap secara mandiri mencegah penyebaran virus korona.

Di sisi lain swasta juga diharapkan perannya untuk mendukung dan membantu pemerintah mengedukasi masyarakat. "Penting dan mendesak perlunya memproduksi secara masif baju-baju APD dan sepatu khusus, serta alat pelindung lainnya bagi tenaga medis dan relawan kesehatan,” ujarnya.

Marwan juga mengimbau para pejabat memberikan pernyataan dengan konstruktif realistis dan solutif, bukan provokatif reaksioner normatif.

Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona TNI-Polri PKB


Loading...