Ribuan Warga Sambut Gembira Uji Coba Reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut

Ribuan Warga Sambut Gembira Uji Coba Reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut
(Foto: Antara/Adeng Bustomi)
Editor: Admin Hot News —Kamis, 20 Februari 2020 07:53 WIB

Terasjabar.id -  Uji coba jalur Kereta Cibatu-Garut kembali dilakukan di Stasiun Garut, Kampung Mawar, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (19/2/2020). Ribuan warga menyambut gembira uji coba yang telah memasuki tahap akhir sebelum jalur yang telah mati sejak 36 tahun silam itu beroperasi kembali.

Mengutip dari Inews.id, Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro memimpin langsung uji coba yang dilakukan dengan Kereta Api Inspeksi 4, didampingi bupati Garut dan unsur Muspida. Mereka melakukan pengecekan bersama mulai dari Stasiun Cibatu, Stasiun Pasirjengkol, Stasiun Wanaraja, sampai Stasiun Garut.

Masyarakat di jalur rel sepanjang 19 kilometer (km) tak henti-hentinya melambaikan tangan saat kereta melintas. Tak hanya itu, ribuan siswa mulai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga SMA dengan membawa bendera Merah Putih memadati kawasan Stasiun Garut menyambut kedatangan kereta.

Mereka berteriak saat melihat kereta melintas. Tak sedikit yang berlari mengejar kereta. Raut wajah siswa sekolah tampak gembira melihat kedatangan kereta. Warga tidak sabar mencoba langsung Kereta Api Cibatu-Garut yang direaktivasi sejak 2018, setelah mati sejak 1983 lalu.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, uji coba kali ini merupakan tahap akhir dari rangkaian uji coba yang dilakukan PT KAI di jalur reaktivasi Cibatu-Garut. Pengecekan itu untuk memastikan perkembangan terakhir. Dari hasil pantauan, reaktivasi sudah hampir seluruhnya selesai.

“Kita melihat sudah hampir sempurna. Namun demikian tetap harus dilakukan uji coba terus-menerus,” katanya.

Dia berharap jalur itu akan dapat segera beroperasi. Uji coba ini sekaligus kado spesial kepada masyarakat Garut di hari jadi yang ke-207. Dengan masuknya kereta, tentu akan membantu warga.

“Saya hadir di sini dengan membawa satu kereta dan ternyata sambutannya antusias luar biasa. Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk Garut yang ke-207. Semoga Garut ke depan akan bisa maju pesat,” katanya.

Edi Sukmoro menambahkan, rencananya jalur tersebut mulai beroparasi pada awal Maret mendatang. PT KAI masih harus menyelesaikan urusan administrasi perizinan dan hal-hal lain terkait, termasuk ke Kementerian Perhubungan.

Ribuan Warga Sambut Gembira Uji Coba Reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut PT Kereta Api Indonesia (KAI)


Loading...