VIRAL ! Daftar 15 Hoaks Terbaru Virus Corona, Satu di Buku Ngaji Iqro ?

VIRAL ! Daftar 15 Hoaks Terbaru Virus Corona, Satu di Buku Ngaji Iqro ?
Hoaks virus Corona. Dok. Istimewa
Editor: Malda Teras Viral —Senin, 3 Februari 2020 18:42 WIB

Terasjabar.id -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan sudah ada 54 total hoaks soal virus corona novel (2019-nCov) yang telah terdeteksi sampai hari ini Senin (3/2).

Sebanyak 54 informasi hoaks tersebut tersebar melalui media sosial dan platform pesan instan.

"Tiga hari yang lalu kami pantau ada 36, hari ini sudah hampir dua kali lipat konten hoaks dan disinformasi yang disebarkan," ujar Johnny kepada awak media di Kantor Kemenkominfo, Johnny G. Plate, Senin (3/2).


Berdasarkan situs Kemenkominfo, berikut daftar isu hoaks terbaru terkait virus corona:
1. Kabar Adanya Pasien Positif Corona di RS  Columbia Asia Medan Bersumber dari Prof. Delfitri Munir, DR., Dr.sp.THT-kl.

Beredar sebuah pesan berantai di Whatsapp yang berisi kabar adanya satu pasien positif Corona di RS Columbia Asia Medan yang bersumber dari Prof. Delfitri Munir, DR, Dr.sp.THT-kl.

Faktanya, pihak  manajemen RS Columbia Asia Medan, membantah kabar tersebut. Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahid Hasibuan juga memastikan bahwa kabar yang beredar tersebut tidak benar atau hoaks. 

Alwi mengimbau masyarakat Sumut agar tidak terpancing apalagi resah dengan kabar bohong tersebut. Alwi berharap masyarakat tetap tenang, karena tidak ada ditemukan virus Corona di Sumut.

2. Kitab Iqro Sudah Lama Memprediksi  Terjadinya Virus Corona

Telah beredar  sebuah akun Twitter dengan narasi 'Ternyata, Para Kiai dan Ulama Indonesia, jauh sebelumnya sudah memprediksi terjadinya Virus Corona. Disebutkan  dalam sebuah Kitab Ngaji Iqro'.

Faktanya, setelah ditelusuri klaim bahwa buku Iqro telah memprediksi virus Corona diciptakan pada zaman yang penuh kebohongan adalah salah.

Memang ditemukan kata 'QO-RO-NA' pada buku Iqro jilid 1 halaman 28. Namun, kata 'QO-RO-NA' pada buku Iqro tak memiliki hubungan dengan Virus Corona, yang mewabah di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Di sisi lain, secara harfiah, 'qo-ro-na' dalam kamus bahasa arab mempunyai makna membarengi, abad, memasangkan, dan mencocokkan. Sedangkan kadzaba (bohong), kholaqo (menciptakan), dan zamana merupakan kata kerja tanpa ada kata benda atau kata sambung. Sehingga tidak bisa memiliki makna yang sempurna.

3. Warga Jombang Terkena Virus Corona

Beredar sebuah informasi di media  sosial yang mengatasnamakan Kapolres Jombang. Informasi tersebut tentang adanya pasien asal Jombang, bekerja sebagai TKI di Hongkong, diduga terjangkit virus Corona. 

Dalam pesan tersebut dijelaskan bahwa pasien pengidap virus corona itu saat ini diobservasi di ruang isolasi Mawar Merah Putih lantai 3 RSUD Jombang. Faktanya, setelah dilakukan penelusuran, Wakapolres Jombang Kompol Budi Setiyono memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Budi mengajak masyarakat Kabupaten Jombang  untuk tidak terburu-buru mempercayai kabar berita hoaks yang kini makin sering terjadi. Salah satu langkah  yang perlu dilakukan yaitu dengan meneliti terlebih dahulu, terhadap informasi atau kabar berita yang diterima baik melalui media sosial.

4. Pasien Virus Corona Sudah Masuk di RSUD Rabain Muara Enim

Beredar di media sosial Facebook  dengan narasi 'Pasien Virus Corona sudah masuk di RSUD Rabain Muara Enim dari Karyawan PLTU Tanjung Lalang'.

Faktanya, setelah ditelusuri Direktur Rumah Sakit H.M. Rabain Kabupaten Muara Enim Dr. Hendri SP.M memberikan klarifikasi bahwa informasi yang  beredar tidak benar.

Direktur Rumah  Sakit Muara Enim membantah dengan tegas adanya pasien terjangkit virus corona yang dirawat inap di Rumah Sakit H.M. Rabain Kabupaten Muara Enim.

5. Virus Corona Bisa Menular Lewat Game Free Fire

Beredar sebuah  gambar hasil tangkapan layar dengan narasi judul 'WASPADA! VIRUS CORONA BISA MENULAR LEWAT GAME FREE FIRE'.

Faktanya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto menyatakan bahwa kemungkinan  penyebaran virus corona Wuhan melalui barang sangatlah rendah. 

Menurut  Yuri, virus  tidak  dapat menular melalui benda mati. Ketua Umum  Ikatan  Dokter  Indonesia, Daeng Mohammad Faqih mengatakan bahwa virus corona Wuhan bisa menular antar manusia lewat batuk dan bersin serta lewat makanan yang tercemar air liur orang yang terinfeksi virus  tersebut.

Selain itu, penularan virus corona Wuhan bisa terjadi dari hewan ke manusia.

6. Mahasiswa Indonesia di Wuhan Tidak Boleh Keluar Kamar

Telah beredar kabar tentang Mahasiswa asal Indonesia yang terjebak di Wuhan dalam kondisi logistik menipis dan tidak boleh keluar kamar apartemen karena khawatir tertular penyakit dari virus corona.

Faktanya, setelah dikonfirmasi, ternyata tidak ada statement yang menyatakan 'tidak boleh keluar kamar'. Seorang mahasiswa yang menjadi narasumber mengatakan kata 'boleh' dan 'berani' sangat berbeda artinya, dan sudah pasti beda pemahamannya.

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Wuhan membantah berita bohong tersebut dengan mengeluarkan Press Release bertanggal  24  Januari  2020, dengan nomor 078/PPITW//PR/I/2020 ditandatangani Rifqa Gusmida sebagai Sekretaris dan Nur Musyafak  sebagai Ketua PPITW.

Press release itu juga menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memastikan keadaan mahasiswa yang ada di Wuhan.

7. Pasien Positif Suspek Virus Corona di Singkawang

Telah beredar informasi di Whatsapp yang menyebutkan bahwa terdapat satu orang pasien positif  suspek corona dari Puskesmas Singkawang Selatan yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Aziz, Kota Singkawang.

Faktanya, informasi tersebut adalah tidak benar. Hal tersebut dibantah oleh Direktur RSUD dr Abdul  Aziz Kota Singkawang, Ruchanihadi. Ia mengatakan bahwa sampai saat ini (1/2) belum ada menerima dan  merawat pasien corona virus di RSUD dr Abdul Aziz.

8. Penduduk Wuhan Berteriak-teriak Gak Karuan

Salah satu akun di media sosial telah mengunggah sebuah video yang berisi orang-orang yang sedang berteriak. Dalam narasinya diceritakan keadaan kota Wuhan China saat ini yang semakin mencekam, mereka berteriak tidak karuan karena depresi.

Faktanya, setelah ditelusuri lebih lanjut, mereka bukan teriak enggak karuan karena depresi. Yang mereka teriakan adalah 'Wuhan Jiayou!', teriakan untuk menyemangati satu sama lain.

Menurut Psikolog dari RaQQi - Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi,  MPsi, menyebutkan bahwa gerakan saling meneriakkan kata-kata  penyemangat itu sebagai bentuk social support. 

Dalam situasi negatif akibat isolasi dan kepungan wabah virus corona, warga berusaha saling menguatkan dan meningkatkan motivasi untuk terus berpikir positif.

9. 5 Pasien Positif Terkena Virus Corona di Semarang dan 1 Orang Meninggal

Beredar sebuah postingan di Twitter terkait kutipan berita Kompas TV di Semarang 5 pasien dinyatakan positif terkena virus corona dan dikabarkan 1 dari 5 pasien tersebut telah meninggal dunia.

Faktanya, dalam kanal YouTube resmi mereka, Kompas TV menuliskan judul unggahan video 'RS Kariadi, Semarang Gelar Simulasi Penanganan Pasien Virus Corona'. Kejadian sebenarnya adalah simulasi yang dilakukan RS Kariadi Semarang.

10. Virus Corona Sudah Masuk di Pekanbaru

Telah beredar pesan di Whatsapp yang menyebutkan bahwa Virus Corona sudah masuk di daerah Pekanbaru. Informasi tersebut menyebutkan bahwa ada pasien yang positif terjangkit Virus Corona di Rumah Sakit Eka Hospital Kota Pekanbaru.

Faktanya, informasi  tersebut  adalah  tidak  benar.  Hal  tersebut dibantah oleh  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir. Ia menyatakan pesan viral  di media sosial yang menyebutkan di Kota Pekanbaru ditemukan korban virus corona adalah kabar bohong atau hoaks.

11. Pasien Virus Corona di RSUD Bahteramas


Beredar pesan di media sosial sebuah informasi tentang adanya pasien Tenaga Kerja Asing (TKA)  yang dirawat RSUD Bahteramas akibat terjangkit virus corona.

Faktanya  setelah  di  telusuri  Plt  Dirut  RSUD  Bahteramas Kendari, dr. Sjarif Subijakto  menegaskan  bahwa  kabar  adanya satu  pasien  positif  corona  yang dirawat di  RSUD  Bahteramas  tidak  benar  atau  hoaks. 

Karena  sampai  saat  ini belum  ada  pasien  suspect  yang  diduga  tertular  virus  corona.  Terkait  adanya wabah penyebaran virus corona, beliau menghimbau masyarakat agar tidak perlu panik  menghadapi  kasus  ini. 

Masyarakat  juga  diminta  untuk meningkatkan  kewaspadaan saja dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

12. Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Tatapan Mata

Beredar sebuah pesan berantai di Whatsapp yang memberikan informasi tentang virus corona. Dalam pesannya menyebutkan bahwa virus corona bisa tersebar hanya dengan tatapan mata saja.

Faktanya,  Setelah ditelusuri lebih lanjut, dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC)  menjelaskan  bahwa penularan melalui mata  tidak  terjadi  saat  seseorang menatap  sesuatu, kemudian terinfeksi.  Seseorang  bisa  tertular  jika  tangannya  terkontaminasi oleh  virus  corona  (2019-nCoV),  kemudian  tak sadar  tangannya  menyentuh area mata.

13. Dua Penumpang Lion Air Meninggal karena Virus Corona

Beredar postingan di media sosial pada awal Februari 2020 yang berisi informasi terkait penumpang pesawat Lion Air yang meninggal saat pendaratan darurat di Sri Lanka.

Bahkan, pengguna Twitter menautkan berita dari sebuah situs media daring dan ditambahi dengan narasi yang mengaitkan dengan virus corona.

Faktanya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kolombo menjelaskan, ada tiga  orang  penumpang  yang  ditangani  di Kolombo,  Sri  Lanka.  Dua  orang meninggal dan jenazahnya sudah dikirim ke Indonesia pada tanggal 15 Januari lalu dan tidak diotopsi.

Sedangkan satu orang dirawat di rumah sakit di Kolombo
karena sakit influenza dan sudah kembali ke Indonesia pada Senin (27/1) dengan didampingi staf KBRI Kolombo. KBRI Kolombo menegaskan ketiga penumpang tersebut tidak ada kaitannya dengan virus Corona.

Corporate Communications  Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro juga mengatakan pihak Lion Air tidak pernah mengatakan  penyebab  meninggal  dunianya dua  penumpang tersebut karena virus menular.

14. Wudhu Bisa Hancurkan Virus Corona

Beredar  informasi  di  sebuah  artikel  yang  mengatakan  bahwa wudhu  bisa menghancurkan virus corona. Setelah ditelusuri lebih lanjut, dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, dari OMNI Hospitals  Pulomas menegaskan informasi tersebut keliru.

Menurut  Dirga virus corona  sejauh ini dibunuh dengan menggunakan disinfektan. Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus corona bisa mati dengan air biasa.

15. China Dilaporkan Diam-diam Kremasi Korban Virus Corona

Beredar informasi di media sosial foto serta judul artikel salah satu situs website, sebagai  berikut:  "China  Dilaporkan  Diam-diam Kremasi  Korban  Virus  Corona  karena Jumlahnya Meningkat".

Faktanya, seperti yang dilansir dari berita Xinhua China, hal tersebut merupakan para  pekerja  menurunkan  pengiriman  jas  pelindung dari  pesawat  kargo  di Bandara Internasional Tianhe Wuhan di Wuhan di Provinsi Hubei, China.

Selain  itu  pesawat  kargo  tersebut  ternyata  penuh  dengan barang-barang  bantuan,  berupa  epidemi  medis,  termasuk masker  medis,  topi  medis,  sarung tangan lateks, pakaian pelindung, disinfektan dan persediaan pelindung lainnya serta obat-obatan, dengan total lebih dari 60 ton.

Dan artikel diatas antara judul, dan  isi  serta  foto  tidak  ada kaitannya  dengan  korban  Kremasi  Korban  Virus Corona.(CNN)

Virus China SARS Corona AS Gejala Virus Corona Wuhan Buku Iqro HOAKS


Loading...