RSUD Margono Soekarjo Purwokerto Menangani Dua Pasien WNA Asal China Dengan Gejala Mirip Virus Korona

RSUD Margono Soekarjo Purwokerto Menangani Dua Pasien WNA Asal China Dengan Gejala Mirip Virus Korona
(Regional Kompas : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 28 Januari 2020 18:52 WIB

Terasjabar.id – RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah, menangani dua pasien dengan gejala mirip terpapar virus korona. Keduanya mendapatkan perawatan khusus dengan standar operasional prosedur (SOP) pasien terinfeksi.

"Informasi adanya pasien terinfeksi virus di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo melalui media sosial banyak membuat resah masyarakat," kata Direktur RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, dr Tri Kuncoro, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/1/2020).

Dia menyampaikan, dua pasien itu merupakan rujukan yang datang pada Senin 27 Januari 2020. Keduanya tercatat sebagai warga negara asing (WNA) asal China. Diagnosis keduanya sama yakni diduga terinfeksi virus Korona.

"Perlu kami sampaikan kronologi, dua pasien tersebut pada Senin 27 Januari 2020, RSUD Prof Dr Margono Soekarjo mendapat rujukan 2 pasien WNA asal China," tuturnya.


Ruang Isolasi di RSUP H Adam Malik Medan. (Foto : iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution)Ruang Isolasi di RSUP H Adam Malik Medan. (Foto : iNews TV/Ahmad Ridwan Nasution)

"Pasien pertama adalah pasien dari Puskesmas Purwokerto Selatan yang dirujuk ke RSUD Prof Dr Margono Soekarjo dengan diagnosis diduga terinfeksi virus korona," ucapnya.

Pasien langsung dikelola dan ditangani sesuai prosedur di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo. Tim dokter berkesimpulan pasien tersebut tidak terbukti secara klinis dan pemeriksaan penunjang terinfeksi virus korona. Pasien tersebut juga telah dirawat di bangsal biasa dan segera dipulangkan.

"Pasien kedua adalah pasien rujukan dari Dinkes dan KKP Kelas 2 Kabupaten Cilacap dengan gejala batuk ringan dan ada riwayat yang bersangkutan baru datang dari China (Shanghai). Sesuai prosedur penanganan maka dilakukan perawatan di ruang isolasi khusus selama masa observasi dan dipastikan tidak kontak dengan pasien lain," ujarnya. Disadur dari Okezone.com

RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto Virus Korona Jawa Tengah


Loading...