Advertisement

Ingin Menggelar Resepsi Impian Tapi Budget Nipis? Ikuti 8 Tips Ini Dan Buat Pernikahanmu Berkesan

Ingin Menggelar Resepsi Impian Tapi Budget Nipis? Ikuti 8 Tips Ini Dan Buat Pernikahanmu Berkesan
Editor: S.N.A Life Style —Minggu, 26 Januari 2020 16:48 WIB

Terasjabar.id - Menggelar pesta pernikahan tentunya memerlukan banyak persiapan, termasuk soal biaya. Tidak sedikit pasangan yang merogoh kocek hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah agar bisa menggelar pesta pernikahan yang mewah dan berkesan.

Dilansir dari Wowkeren.com, Karena itulah tidak sedikit pasangan yang memilih untuk menunda pernikahannya agar bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu. Padahal, pernikahan bisa tetap dilangsungkan dengan berkesan meski memiliki dana terbatas.

Untuk mewujudkan hal itu, tentu kita harus bisa menyiasatinya sekreatif mungkin. Ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan untuk menggelar resepsi pernikahan yang berkesan meski memiliki budget minim. Penasaran seperti apa caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Pilih Tempat Pernikahan Yang Sederhana Agar Tidak Mengeluarkan Biaya Sewa


Pilih Tempat Pernikahan yang Sederhana Agar Tidak Mengeluarkan Biaya Sewa

Beberapa pasangan memilih untuk menggelar resepsi pernikahan di hotel atau gedung yang tentunya menghabiskan banyak biaya. Untuk menyiasatinya, sebaiknya gelar pesta pernikahan di rumah saja karena dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat.

Jika halaman rumah kamu tidak cukup besar, kamu bisa menyewa aula atau gedung serbaguna di sekitar lingkungan tempat tinggal. Biayanya tentu akan lebih terjangkau daripada harus menyewa tempat di gedung atau hotel berbintang. Agar pestamu tetap menyenangkan, kamu hanya perlu mendekorasinya semenarik mungkin.

2. Ingin Menggelar Pernikahan Berkesan Dengan Dana Terbatas? Siasati Soal Hidangan Tamu Dengan Cara Ini


Ingin Menggelar Pernikahan Berkesan dengan Dana Terbatas? Siasati Soal Hidangan Tamu dengan Cara Ini

Setiap pengantin pasti ingin menyajikan hidangan istimewa untuk para tamunya. Jika ingin menghemat dana, sebaiknya kamu meminta bantuan pada kenalan yang ahli memasak atau memiliki jasa katering serta penyewaan peralatan makan. Siapa tahu kamu bisa diberikan harga spesial karena saling kenal.

Tapi jika kamu benar-benar ini lebih hemat, kamu dan keluarga bisa memasak sendiri dengan meminta bantuan orang-orang terdekat. Opsi lainnya adalah kamu bisa membeli makanan dari penjual kaki lima atau makanan gerobakan yang tentunya lebih murah. Agar tampilannya lebih menarik, kamu harus mendekorasi gerobaknya sedemikian rupa agar terlihat menarik.

3. Menyiasati Seragam Keluarga Dan Panitia Bisa Membuat Pernikahanmu Jadi Lebih Berkesan


Menyiasati Seragam Keluarga dan Panitia Bisa Membuat Pernikahanmu Jadi Lebih Berkesan

Ketika menggelar pesta pernikahan kita tentu membutuhkan bantuan keluarga atau teman-teman dekat. Kamu bisa meminta bantuan mereka untuk menjadi pengatur acara. Sebaiknya atur pembagian tugas yang jelas agar saat acara berlangsung mereka tidak kebingungan akan melakukan apa.

Akan semakin menarik jika keluarga dan kenalan yang membantu di pesta pernikahanmu mengenakan pakaian yang seragam. Jika ingin hemat sebaiknya cari pakaian jadi yang bisa dibeli di pusat perbelanjaan, tak perlu membeli kain untuk kemudian dijahit lagi. Atau jika ingin lebih hemat, cukup keluarga inti saja yang mengenakan pakaian seragam. Kamu bisa sekalian menyewanya dengan paket makeup atau bahkan membelinya sendiri.

4. Dekorasi Pernikahan Yang Berkesan Enggak Harus Mahal Loh, Begini Caranya


Dekorasi Pernikahan yang Berkesan Enggak Harus Mahal Loh, Begini Caranya

Mendekorasi area resepsi pernikahan semenarik mungkin tentu menjadi suatu keharusan. Untuk mewujudkan hal itu kita bisa kok tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya. Karena intinya kamu hanya harus mendekorasi area pesta semenarik mungkin. Jika ingin menghemat biaya pernikahan, sebaiknya usung konsep minimalis atau rustic yang bisa diterapkan dengan sangat baik.

Misalnya kamu bisa menyediakan photo booth sederhana dengan kain dan origami. Kreasikan semenarik mungkin dan letakkan di pekarangan rumah dekat pintu masuk atau dekat penerima tamu. Kamu juga bisa mencetak foto-foto masa pacaran yang penuh dengan kenangan. Agar kesannya lebih indah, sebaiknya cetak foto-foto tersebut dalam bentuk polaroid dan jepitkan di tali yang sudah direkatkan pada dinding. Dan agar dekorasinya semakin menarik, kamu bisa menambahkan lampu tumblr yang bisa memberikan kesan romantis dan elegan.

5. Selektif Dalam Memilih Pakaian Dan Makeup Pengantin Bisa Menciptakan Pesta Pernikahan Yang Berkesan


Selektif dalam Memilih Pakaian dan Makeup Pengantin Bisa Menciptakan Pesta Pernikahan yang Berkesan

Tips berikutnya yang cukup penting adalah soal pakaian dan riasan. Karena itulah kamu harus selektif untuk dua hal ini. Jika memiliki dana terbatas sebaiknya hindari menjahit pakaian pernikahan sendiri karena hanya digunakan sekali. Sebaiknya pilih butik yang menyediakan paket pernikahan, termasuk di dalamnya sewa pakaian pengantin dan jasa makeup.

Dan soal pakaian, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan baju yang sama saat akad dan resepsi. Agar pakaian yang kamu gunakan tidak terlihat sama, kamu bisa mengakalinya dengan menambah hiasan berbeda. Misalnya kamu bisa mengubah gaya rambut atau mengkreasikan kerudung dengan model yang berbeda.

6. Kartu Undangan Dan Souvenir Pernikahan Yang Menarik Enggak Harus Mahal


Kartu Undangan dan Souvenir Pernikahan yang Menarik Enggak Harus Mahal

Faktor penting lainnya yang harus diurus dalam menyelenggarakan pernikahan adalah kartu undangan dan souvenir. Karena undangan fungsinya hanya sebagai pemberitahuan dan biasanya akan langsung dibuang, sebaiknya pilih kartu undangan yang sederhana saja. Atau kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencari inspirasi undangan kreatif di internet. Selain undangan fisik, kamu juga bisa menyebarkan undangan lewat sosial media agar lebih hemat.

Selain undangan, souvenir juga tak kalah pentingnya. Sebaiknya pilih souvenir yang bermanfaat dan harganya terjangkau. Kamu bisa membelinya di tempat grosir souvenir khusus pernikahan. Tapi ingat, sebaiknya pilih souvenir yang memiliki kesan baik ya, untuk menghargai tamu yang datang.

7. Perhatikan Tips Soal Dokumentasi Ini Jika Ingin Pernikahanmu Berkesan Meski Budget Nipis


Perhatikan Tips Soal Dokumentasi Ini Jika Ingin Pernikahanmu Berkesan Meski Budget Nipis

Dokumentasi menjadi faktor penting lainnya dalam pernikahan. Jika ingin berhemat, sebaiknya sewa jasa fotografer seseorang yang kamu kenal karena mungkin kamu bisa diberi harga spesial. Tapi jika tidak ada, sebaiknya minta bantuan teman atau kerabat yang mahir fotografi untuk membantu mendokumentasikan pernikahanmu.

Dengan begitu kamu akan jauh lebih hemat sebab tidak perlu mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah. Jika tidak memiliki kamera sendiri kamu bisa menyewanya. Mulai dari kamera, tripod, flash eksternal, memory card hingga baterai cadangan. Semua barang ini bisa kamu sewa dengan harga sekitar Rp 300 ribuan saja.

8. Minta Bantuan Teman Yang Pandai Menghibur Untuk Menjadi Pengisi Acara Di Pernikahanmu


Minta Bantuan Teman yang Pandai Menghibur Untuk Menjadi Pengisi Acara di Pernikahanmu

Pesta pernikahan mungkin akan terasa hampa tanpa adanya hiburan. Tapi jika ingin mengundang band terkenal, kamu tentu harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Agar lebih hemat, kamu bisa meminta bantuan teman-temanmu yang jago bermain musik. Minta mereka untuk menjadi pengisi acara sekalian menyanyi buat unjuk kebolehan. Soal alat musiknya kamu tidak perlu menyewa perlengkapan band yang mahal, cukup sediakan gitar atau keyboard dan biarkan teman-temanmu meramaikan acara.

Ingin Menggelar Resepsi Impian Tapi Budget Nipis? Ikuti 8 Tips Ini Dan Buat Pernikahanmu Berkesan


Related Post


 


Loading...