Diduga Sopir Mengantuk, Bus Damri Terguling di Jalan Tol Sedyatmo Arah Bandara Soekarno-Hatta

Diduga Sopir Mengantuk, Bus Damri Terguling di Jalan Tol Sedyatmo Arah Bandara Soekarno-Hatta
Istimewa/ Dok Jasa Marga
Editor: Malda Hot News —Kamis, 23 Januari 2020 09:51 WIB

Terasjabar.id - Akibat sopir mengantuk, kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Tol Sedyatmo.

Pada Kamis (23/1/2020) sekira pukul 05.27 WIB, Bus Damri dengan nomor polisi B 7509 PD rute Bekasi-Bandara Soekarno-Hatta mengalami kecelakaan tunggal di km 21+000, Jalan Tol Sedyatmo arah bandara.

Rinto Arisona (28) selaku pengemudi bus mengatakan kepada Patroli Jalan Raya (PJR) jika dirinya mengantuk sehingga hilang kendali.

Akibatnya, bus yang dikemudikannya itu menabrak pembatas jalan antara jalur atas dan bawah.

Selain itu bus juga menabrak rambu petunjuk arah yang terdapat di diverging (rambu kupu-kupu) hingga roboh dan menutup jalur bawah, dengan posisi akhir kendaraan terbalik miring di antara pembatas jalan dan guardrail jalur bawah.

“Pengemudi mengantuk, sehingga kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan serta tiang rambu kupu-kupu,” jelas Manager Area Jasamarga Tollroad Operator, pengelola operasional Ruas Jalan Tol Sedyatmo, Agus Pramono
kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).

Selanjutnya Petugas Jasa Marga segera melakukan evakuasi Bus Damri dan melakukan pengaturan lalulintas di sekitar lokasi kejadian.

Evakuasi dilakukan dengan menggunakaan kendaraan derek sebanyak 2 unit dan 2 kendaraan crane berkapasitas 10 ton dan 25 ton.

Sementara itu, menurut Jasa Marga Regional JabodetabekJabar Division Head, Reza Febriano, berdasarkan data tahun 2019, sebanyak 87,14 persen kasus kecelakaan di Jalan Tol Jasa Marga, khususnya Ruas Jalan tol Dalam Kota dan Sedyatmo, disebabkan karena kelalaian pengemudi.

Hal ini tentunya berdampak fatal bukan hanya untuk pengemudi itu sendiri, namun juga merugikan pengguna jalan lainnya.

"Untuk itu agar para pengusaha kendaraan umum, juga kendaraan lainnya, agar memastikan kondisi pengemudi dalam kendaraan prima sebelum melakukan perjalanannya," jelasnya.

Pihak Jasa Marga pun memastikan sekira pukul 08.00 WIB lajur 1 dan 2 sudah dapat dilintasi, baik lajur atas maupun bawah sudah kembali normal.

Diberitakan sebelumnya, musibah kecelakaan sebuah Bus Damri dengan pelat nomor B7509PD, terjadi di di Kilometer 21 Jalan Tol Kapuk yang mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta.

Dari video yang diunggah akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, kecelakaan lalu lintas ini dilaporkan terjadi sekira pukul 07.50 WIB, Kamis (23/1/2020).

Tampak Bus Damri tersebut menabrak tiang rambu lalu lintas hingga roboh.

Akibatnya, arus lalin di sana pun menjadi tersendat.

"07.50 Telah terjadi kecelakaan tunggal KR Damri B-7509-PD KM 21 arah Bandara Soetta agar pengendara mencari alternatif jalan lain," tulis @TMCPoldaMetro pukul 07.50 WIB.

Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui penyebab kecelakaan tersebut.

(Tribunjakarta.com)


Jakarta Soekarno Hatta Bus Damri Tol Sedyatmo


Loading...