Kasus Meikarta, Iwa Karniwa akan Jalani Sidang Perdana di PN Bandung

Kasus Meikarta, Iwa Karniwa akan Jalani Sidang Perdana di PN Bandung
Iwa Karniwa. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko
Editor: S.N.A Teras Bandung —Selasa, 7 Januari 2020 15:49 WIB

Terasjabar.id - Sekretaris Daerah Jawa Barat (Jabar) nonaktif, Iwa Karniwa dijadwalkan menjalani sidang perdana kasus dugaan penerimaan suap pada pekan depan. Semua berkas perkara sudah diterima Pengadilan Negeri (PN) Bandung dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dilansir dari Merdeka.com, Panitera Muda Tipikor P‎N Kelas I A Khusus Bandung, Yuniar Rohmatullah mengatakan, berkas tersebut bernomor 01‎/Pidsus/TPK/2020/Pn.Bdg. Saat ini, pihaknya sedang menunggu proses register dan penunjukan majelis hakim.

"Agenda (sidang) pembacaan dakwaan kemungkinan pekan depan di PN Bandung," kata dia, Selasa (7/1).

Seperti diketahui, nama Iwa mencuat dalam kasus suap perizinan proyek Meikarta saat sidang dengan terpidana, Neneng Rahmi Nurlaili selaku Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi dan Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PDI Perjuangan, Waras Wasisto.

KPK Kemudian menetapkannya sebagai tersangka karena diduga menerima uang Rp 900 juta berkaitan pengurusan persetujuan substansi Pemprov Jabar, terhadap revisi Raperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Pemkab Bekasi.

Sidang Iwa pekan depan itu pun menjadi sidang perdana PN Bandung untuk kasus korupsi di tahun 2020. "Ini perkara korupsi pertama yang disidangkan tahun ini di PN Bandung," ujar Yuniar.

Sementara itu, Pemprov Jabar sudah menetapkan tiga besar calon pengisi jabatan Sekretaris Daerah sepeninggal Iwa. Ketiganya dinyatakan lolos dalam seleksi jabatan secara terbuka sekaligus menyingkirkan kandidat lain.

Mereka adalah Dedi Taufik yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan Yerry Yanuar yang menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat.

Para kandidat ini sudah mengikuti serangkaian tes pada akhir tahun lalu. Tim panitia seleksi menjamin bahwa anggotanya berasal dari kalangan independen. Pengumuman siapa yang akan menggantikan Iwa dijadwalkan pada akhir bulan ini.

Kasus Meikarta Iwa Karniwa akan Jalani Sidang Perdana di PN Bandung


Loading...