Jembatan Besi Rusak Akibat Banjir, Kendaraan Berat Dilarang Melintas

Jembatan Besi Rusak Akibat Banjir, Kendaraan Berat Dilarang Melintas
Suasanan lalu lintas di Jembatan Besi, Bekasi kini dibatasi pemkot setempat. Jalan di jembatan tersebut kini tidak boleh dilalui kendaraan berat. [Istimewa]
Editor: S.N.A Hot News —Senin, 6 Januari 2020 17:38 WIB

Terasjabar.id - Jembatan besi atau biasa disebut Jembatan Patal yang terletak di Jalan Teluk Buyung Bambu Runcing, Bekasi Utara dikabarkan rusak.

Dilansir dari Suara.com, Kerusakan jembatan besi disebut-sebut karena tergerus air Kali Bekasi. Untuk penanganan lebih lanjut, Pemkot Bekasi membatasi akses jalan di lokasi tersebut.

"Paling hanya bisa dilintasi kendaraan kecil saja, kalau untuk kendaraan berat masih belum diperbolehkan. Aturan ini seiring hasil kordinasi dengan pihak konsultan," kata Kepala Seksi Pengembangan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan SDA, Kota Bekasi Idi Susanto pada Senin (6/1/2020).

Dia menyebut, jembatan itu rusak karena terjadi pergeseran akibat pergerakan arus kuat di Kali Bekasi pada Rabu (1/1/2020). Alhasil, pemerintah daerah melakukan perbaikan kepada bearing pad yang menjadi dudukan girder.

Menurutnya, jembatan besi tersebut sudah hampir 20 tahun tak diperbaiki. Sehingga, perlu ada penataan ulang untuk kedudukan jembatan. Rencananya, alokasi anggaran yang diperlukan untuk melakukan perbaikan mencapai Rp 1 miliar.

Untuk itu, Pemerintah Kota Bekasi tengah meminta bantuan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kami akan upayakan dana perbaikan itu memakai dana bantuan dari pemerintah pusat. Karena, keuangan pemerintah daerah tidak mampu," katanya.

Jembatan Besi Rusak Akibat Banjir Kendaraan Berat Dilarang Melintas


Loading...