Hindari Ancaman Penyakit Leptospirosis Setelah Banjir Melanda

Hindari Ancaman Penyakit Leptospirosis Setelah Banjir Melanda
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Jajang Hot News —Kamis, 2 Januari 2020 17:05 WIB

Terasjabar.id - Penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh kencing tikus berpotensi mengancam daerah-daerah yang terkena banjir. Anda pun harus mewaspadainya agar tidak terserang penyakit berbahaya ini.Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Dokter Anung Sugihantono menegaskan, penyakit yang paling sering menyerang pascabanjir adalah leptospirosis, diare, gatal-gatal atau infeksi pada kulit.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk waspada dengan golongan penyakit tersebut."Leptospirosis adalah salah satu penyakit zoonosis yang disebarkan oleh bakteri yang menyebar melalui air seni hewan terinfeksi," ucap Dokter Anung ,dilansir dari  Okezone.com, Kamis (2/1/2020).

Selain dari air seni tikus, risiko penularan leptospirosis bisa dari serangan bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit yang terluka atau lecet. Biasanya, seseorang dapat terpapar penyakit leptospirosis ini saat ia melewati genangan banjir, air sungai, selokan, hingga saluran air yang kotor, sementara ada luka lecet di kulit tubuhnya.

penyakit akibat tikus

Gejala leptospirosis, menurut Dokter Anung, antara lain pasien akan mengalami deman tinggi, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, mata merah dan muntah. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan hati pada penderitanya.Dokter Anung mengingatkan kepada masyarakat untuk melakukan berbagai langkah pencegahan penyakit leptospirosis. Salah satunya yakni langkah Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Leptospirosis dapat dicegah dengan PHBS. Saat beraktivitas membersihkan rumah atau area terdampak banjir, pastikan Anda memakai sepatu boots, sarung tangan, cuci tangan setelah beraktivitas atau setelah membersihkan sarang tikus di lingkungan rumah," terangnya.

Dokter Anung juga menambahkan, selain leptospirosis ada ancaman penyakit lain yang umumnya muncul pascabanjir. Waspadai pula gigitan hewan seperti ular, anjing, kucing dan lain sebagainya. Sebab, gigitan ataupun cakaran hewan-hewan tersebut bisa menularkan berbagai macam penyakit berbahaya lain bagi kita, manusia.

berita banjir hari ini Banjir Bekasi Jakarta Banjir Banjir Jakarta Penyakit Leptosirosis Leptospirosis


Loading...