Advertisement

Diterjang Banjir Bandang, 12 Jembatan di Lebak Jebol

Diterjang Banjir Bandang, 12 Jembatan di Lebak Jebol
Jembatan di Lebak putus akibat banjir bandang (Antara)
Editor: Dea Hot News —Kamis, 2 Januari 2020 07:27 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 12 jembatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten putus akibat banjir bandang dan tanah longsor. Banjir bandang ini merupakan akibat dari meluapnya air Sungai Ciberang.

"Semua jembatan yang putus itu akibat terjangan banjir dan longsor," kata Camat Sajira, Rahmat, di Lebak, Rabu, (1/1/2019).

Berdasarkan pendataan di lapangan, tercatat ada 12 jembatan semipermanen dan jembatan gantung yang putus. Enam jembatan itu berada di Kecamatan Sajira dan enam jembatan ada di Kecamatan Cipanas.

Dikutip dari inews.id, 12 jembatan di daerah putus di antaranya jembatan penghubung antarkecamatan Sajira, Muncang, Sobang, dan Leuwidamar. Kemudian jembatan di Desa Burungmekar, Calungbungur 2 jembatan gantung, Sukajaya, Sukarame, dan Sajira Mekar.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan, putusnya jembatan itu masyarakat di sekitar desa terisolir. Desa juga tidak bisa dilintasi angkutan roda dua dan empat.

"Akibat jembatan terputus dipastikan masyarakat terisolir dan kesulitan untuk berkoordinasi dengan aparatur desa," imbuhnya.

Rahmat mengatakan, putusnya jembatan juga akan berdampak terhadap aktivitas ekonomi masyarakat setempat. Pasalnya, masyarakat di daerah itu sebagian besar bekerja sebagai petani sementara hasil buminya dijual ke luar daerah.

Rahmat berharap, pemerintah segera membangun dan memperbaiki jembatan yang rusak.

"Kami berharap jembatan itu segera dibangun untuk menopang pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

 

Diterjang Banjir Bandang 12 Jembatan di Lebak Jebol Banten


Related Post



Loading...