Bupati Bandung Barat Perintahkan BPBD Bikin Tanggul Sementara di Perumahan yang Terdampak Banjir

Bupati Bandung Barat Perintahkan BPBD Bikin Tanggul Sementara di Perumahan yang Terdampak Banjir
(Foto: Whisnu Pradana)
Editor: Admin Teras KBB —Rabu, 1 Januari 2020 11:15 WIB

Terasjabar.id, Padalarang - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, memerintahkan BPBD dan dinas teknis membuat tanggul sementara menggantikan tanggul yang jebol di Perumahan Cimareme Indah, Blok D RT 04/03, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Tanggul pembatas irigasi di perumahan tersebut jebol lantaran tak kuat menahan debit air. Akibatnya, sekitar 150 rumah terdampak banjir setinggi 1 sampai 1,5 meter.

"Saya sudah cek ke lapangan barusan, memang dinding penahan air (tanggul) jebol. Jadi langsung saya perintahkan BPBD membuat tanggul sementara dari karung dan pasir, yang penting kalau hujan air tidak langsung meluber ke jalan dan rumah warga," ujar Umbara saat ditemui di Perumahan Cimareme Indah, Rabu (1/1/2020).

Umbara yang berkeliling ke rumah warga yang terdampak, mengatakan pihaknya segera mengirimkan logistik seperti makanan, pakaian, selimut, dan obat-obatan untuk warga yang mengungsi.

"Saya minta ke warga jangan dulu kembali ke rumah, bertahan dulu saja di pengungsian. Nanti kita kirim bantuan. Sekarang Kepala Desa Margajaya sedang pendataan secara menyuluruh, baik yang terdampak dan kebutuhannya," katanya.

Menurut Umbara, banjir yang menerjang Perumahan Cimareme Indah, murni disebabkan oleh jebolnya tanggul irigasi ditambah derasnya debir air.

"Selama saya tinggal di Bandung Barat, belum pernah sekalipun banjir seperti ini. Jadi perumahan ini bisa banjir memang karena jebolnya tanggul. Saya juga tidak tahu tanggulnya dibangun Dinas PUPR atau developer, jadi kualitasnya saya enggak paham," tandasnya. (SDK)

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna BPBD Tanggul Sementara Perumahan yang Terdampak Banjir Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB)


Loading...