Berikut Beberapa Cara Hilangkan Milia di Kulit Wajah, Boleh Dicoba

Berikut Beberapa Cara Hilangkan Milia di Kulit Wajah, Boleh Dicoba
Ilustrasi (Kompas Health : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 29 Mei 2023 14:14 WIB

Terasjabar.id -- INI 8 cara hilangkan milia di kulit wajah, memang perlu dibaca. Apalagi setiap orang pasti ingin punya wajah bersih dan bercahaya.

Salah satu permasalahan kulit wajah dikeluhkan yaitu milia, benjolan putih kecil (jerawat atau kista) di kulit Anda.

Milia atau benjolan putih kecil kerap muncul di area pipi, dagu, atau hidung, juga bisa berada di tubuh, terutama batang dan anggota badan dan bisa dialami oleh bayi dan usia dewasa. Sementara cara menghilangkannya, bisa ala rumahan ataupun ke dokter spesialis kulit (medis).

Berikut 8 cara menghilangkan milia di kulit wajah, apa saja?

 tabir surya

1. Pakai Tabir Surya

Pakai tabir surya ternyata juga berperan dalam menghilangkan milia dan merawat kesehatan wajah loh. Melansir Medical news today kalau tabir surya dengan perlindungan tinggi, seperti faktor (SPF 50) bisa sangat membantu.

2. Eksfoliasi wajah

Membersihkan wajah dari sel kulit mati, seperti eksfoliasi juga berperan dalam menghilangkan milia di wajah. Dengan eksfoliasi area tersebut secara teratur.

"Namun, hindari pengelupasan berlebihan, karena pengelupasan harian dapat mengiritasi kulit," keterangan dalam Medical News Today

3. Retinoid topikal

Langkah rumahan yang dinilai bantu hilangkan milia di wajah yaitu pakai Retinoid topikal. Retinol adalah krim atau gel yang berasal dari vitamin A.

Meskipun dirancang untuk mengobati jerawat dan masalah kulit lainnya, hanya ada sedikit bukti bahwa retinoid efektif dalam mengobati milia.

4. Bersihkan wajah

Cuci wajah setiap hari dengan air hangat dan sabun secara lembut. Kemudian, keringkan kulit Anda dengan sangat lembut, dan tidak boleh mencoba memencet atau mengikis milia sendiri, seperti halnya dengan jerawat karena dapat melukai kulit Anda.

5. Uap

Hal ini bisa dilakukan dengan duduk di kamar mandi dan menjalankan shower air panas. Membantu untuk menyehatkan kulit wajah. Hindari menusuk atau memetik milia, ini meningkatkan risiko infeksi dan dapat menyebabkan jaringan parut.




Disadur dari Okezone.com 

Milia Kulit Wajah Jerawat Cara Menghilangkan


Loading...