Berikut Beberapa Penyebab Diare saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Berikut Beberapa  Penyebab Diare saat Puasa dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 28 Maret 2023 14:50 WIB

Terasjabar.id -- Umumnya beberapa orang mengalami diare saat puasa dan salah satu masalah kesehatan yang kerap dijumpai pada minggu-minggu pertama puasa. Diare biasanya bukan disebabkan karena aktivitas puasa, tapi dari asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka atau sahur. Kondisi ini wajar terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan perubahan pola makan yang berbeda dari biasanya. Diare ini ditandai dengan buang air secara terus menerus dan jika berlarut-larut,maka kondisi ini membuat tubuh kekurangan cairan. Gangguan pencernaan ini tidak boleh disepelekan, karena diare saat berpuasa berpotensi menyebabkan dehidrasi dan menurunkan tenaga sehingga menjadi lemas.

Puasa bukan jadi penyebab utama munculnya masalah diare, tetapi ada faktor pemicu yang menyebabkan kamu mengalami diare saat berpuasa. Melansir Sehatq, berikut 5 penyebab diare saat puasa yang dapat mengganggu aktivitas :

1. Mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak

Mengonsumsi makanan tinggi lemak saat sahur dan berbuka puasa membuat perut menjadi sulit dicerna oleh lambung. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti gorengan sebaiknya juga dihindari. Dua makanan ini dapat memicu gangguan pencernaan seperti diare, tidak jarang kamu mengalami mual, muntah, dan sakit perut.

2. Sering  mengonsumsi makanan pedas saat sahur dan berbuka puasa

Mengonsumsi makanan pedas memang nikmat dan meningkatkan nafsu makan. Tapi, salah satu penyebab diare saat puasa adalah sering makan pedas saat sahur dan berbuka puasa. Terlalu banyak makan pedas, bisa berisiko memicu beberapa gangguan pencernaan. Zat capcaisin pada cabai yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu kambuhnya sakit maag dan pada sebagian orang dapat memicu diare saat puasa.

3. Minum minuman berkafein berlebihan

Kafein juga bisa menyebabkan diare saat puasa, apalagi bila kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, atau minuman bersoda sebaiknya hindari mengonsumsi secara berlebihan selama bulan puasa. Jika kamu terlalu banyak minum minuman berkafein saat sahur dan berbuka puasa, akan meningkatkan resiko mengalami diare saat berpuasa.

4. Mengonsumsi makanan yang berbumbu tajam

Bumbu tajam ini bisa berasal dari rempah yang dimasukkan saat memasak. Makanan yang mengandung banyak rempah dan santan berpotensi menyebabkan diare saat puasa. Sebaiknya hindari makanan berbumbu tajam, seperti rendang, opor, dan gulai, baik saat sahur maupun berbuka puasa agar terhindar dari masalah diare. Terlebih untuk kamu yang memiliki riwayat gangguan pencernaan. 

5. Mengidap intoleransi laktosa

Jika kamu diare setelah minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, bisa jadi kamu mengidap intoleransi laktosa. Kondisi ini dapat meningkat seiring bertambahnya usia karena menurunnya kadar enzim yang berfungsi mencerna laktosa. Kalau kamu mengidap kondisi ini, sebaiknya hindari mengonsumsi produk olahan susu saat sahur maupun berbuka. 

Cara Mengatasi Diare saat Puasa

Jika kamu mengalami diare saat puasa, kamu bisa coba lakukan cara-cara berikut untuk mengatasinya :

  • Perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. Selain air putih dan cairan oralit, kamu dapat memenuhi konsumsi cairan tubuh melalui jus buah-buahan (tanpa gula) atau sup sayur. Sebaiknya hindari minum minuman yang berkafein atau minuman manis yang dapat memperparah kondisi diare.
  • Hindari mengonsumsi makanan pedas, berbumbu tajam berminyak, dan berlemak. Hal ini untuk mencegah diare agar tidak semakin parah.
  • Konsumsi probiotik saat sahur dan berbuka puasa, contohnya adalah yoghurt. Mengonsumsi yoghurt meningkatkan bakteri probiotik dalam sistem pencernaan yang sempat terbuang karena diare. Pilih yoghurt tanpa pemanis karena bakteri baik dalam yoghurt dapat meringankan diare.
  • Meminum obat diare yang dijual bebas tanpa resep dokter. Selalu baca petunjuk penggunaannya bila mengonsumsi obat ini.

Mengalami diare saat puasa memang menimbulkan rasa tidak nyaman dan menimbulkan efek samping seperti dehidrasi, kram, mual dan pusing. Saat berpuasa saja, tubuh kamu mudah merasa lelah dan pusing, apalagi bila mengalami diare. Jadi, pastikan banyak beristirahat untuk membantu memulihkan fisik sehingga kamu bisa kembali melakukan ibadah puasa. Hindari juga mengonsumsi makanan dalam porsi besar sekaligus dalam waktu yang cepat baik saat sahur maupun berbuka. Konsumsilah makanan dalam porsi kecil secara perlahan agar sistem pencernaan bisa mencernanya dengan baik.

Disadur dri Yoursay.id dan Suara.com 

Diare Ramadan Puasa


Loading...