Berikut Beberapa Penyebab Tubuh Terasa Lemas saat Puasa

Berikut Beberapa Penyebab Tubuh Terasa Lemas saat Puasa
Ilustrasi (IDN Times : Google)
Editor: Epenz Life Style —Senin, 27 Maret 2023 14:12 WIB

Terasjabar.id -- Tak hanya rasa haus dan lapar, tubuh yang lemas kerap sekali menjadi keluhan yang dirasakan ketika berpuasa. Hal ini karena saat puasa tidak diperbolehkan mengonsumsi apapun selama beberapa jam.

Akibatnya tubuh kekurangan tenaga, sehingga bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari kamu. Namun adakalanya tubuh yang lemas saat puasa bisa disebabkan beberapa faktor.

Untuk itu kamu perlu mengetahui beberapa penyebab yang bisa membuat tubuh terasa lemas ketika berpuasa, agar kamu bisa mengantisipasinya. Dilansir dari klikdokter.com inilah beberapa penyebab tubuh lemas saat puasa.

1. Kualitas tidur yang buruk

Kualitas tidur yang buruk bisa menjadi penyebab tubuh lemas saat puasa. Apalagi ketika puasa, bangun untuk makan sahur perlu dilakukan, sehingga beberapa orang mengalami kekurangan jam tidur.

Ditambah lagi dengan aktivitas yang padat seharian selama berpuasa. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi tubuh lemas saat puasa, kamu perlu tidur lebih awal agar bangun dengan kondisi yang bugar.

2. Dehidrasi

Mengalami dehidrasi bisa menjadi tubuh terasa lemas serta pusing. Pasalnya kamu tidak cukup minum untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Untuk mencegah dehidrasi tersebut kamu perlu untuk minum air yang cukup saat sahur dan berbuka.

3. Berlebihan mengonsumsi karbohidrat

Ketika mengonsumsi karbohidrat, tubuh memecah karbohidrat menjadi gula yang bisa berguna untuk bahan bakar. Ketika kamu makan karbohidrat terlalu banyak, malah justru bisa membuat tubuhmu merasakan lemas. Jadi kamu perlu untuk membatasi konsumsi karbohidrat, agar tubuhmu tidak mudah merasa lelah ketika berpuasa.

4. Kurang aktif secara fisik

Beberapa orang ketika berpuasa cenderung untuk tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun. Padahal sebenarnya meskipun dalam keadaan puasa, kamu dianjurkan untuk aktif bergerak dan tetap berolahraga agar kondisi tubuh tetap bugar.

Ada beragam jenis olahraga dan waktu yang bisa dipilih. Lakukan secara secukupnya agar tidak memberatkan puasa kamu.

5. Tidak cukup kalori

Jika mengonsumsi kalori yang terlalu sedikit saat sahur, bisa membuat tubuh terasa lemas. Pasalnya metabolisme akan melambat untuk menghemat energi yang bisa berpotensi memicu kelelahan.

Kebutuhan kalori pada setiap orang juga berbeda-beda. Tergantung pada usia, berat badan, tinggi badan dan lain sebagainya. Untuk itu, cukupi kebutuhan kalori kamu agar puasamu juga berjalan lancar.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat tubuh terasa lemas saat puasa. Saat menjalani kehidupan sehari-hari kamu bisa saja terkena rasa lemas, namun ketika saat puasa, tubuh akan semakin rentan mengalaminya.

Oleh sebab itu, perlunya mengetahui faktor penyebabnya, agar rasa lemas bisa dihindari. Semoga bermanfaat.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara,com 

Ramadan Lemas Puasa


Loading...