Berikut Beberapa Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Selama Puasa

Berikut Beberapa Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Selama Puasa
Ilustrasi (Kompas Lifestyle : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 27 Maret 2023 13:59 WIB

Terasjabar.id -Oatmeal sering dijadikan menu sarapan yang kaya akan manfaat untuk kesehatan Melansir dari Alodokter.com dalam oatmeal terkandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan masih banyak lagi. Kandungan oatmeal yang lengkap menjadikan makanan satu ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi terlebih saat puasa. 

Selain itu, saat ini oatmeal juga dilengkapi dengan berbagai macam rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Melansir dari laman Healthline, ada banyak manfaat mengonsumsi oatmeal untuk kesehatan dan cocok dikonsumsi selama puasa.

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Saat puasa, tubuh akan rentan mengalami berbagai masalah pencernaan salah satunya adalah sembelit. Oatmeal mengandung serat yang baik dikonsumsi selama puasa. Serat sendiri diperlukan tubuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi oatmeal juga sangat baik untuk perkembangan bakteri baik dalam usus. Dengan begitu, terjadinya masalah pencernaan dapat diminimalisir.

2. Sumber Karbohidrat

Karbohidrat dalam oatmeal bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh. Oatmeal direkomendasikan dikonsumsi selama puasa karena kandungannya yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Karbohidrat selanjutnya akan dipecah dan diolah menjadi energi sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktifitas sehari-hari. 

3. Mengandung Antioksidan

Antioksidan sendiri diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari luar maupun dalam tubuh. Dalam oatmeal terkandung polifenol yang dapat meningkatkan produksi asam nitrat yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah hingga mengatasi peradangan. Bahaya radikal bebas yang lain juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya dan mematikan seperti kanker.

4. Cegah Diabetes

Kandungan beta gluken dalam oatmeal berguna untuk meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh. Insulin sendiri berperan untuk membantu tubuh mengontrol gula darah dan mengelola glukosa menjadi sumber energi. Dengan mengonsumsi oatmeal dengan jumlah yang pas, risiko penyakit diabetes dapat diminimalisir. Selain itu, oatmeal sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. 

5. Mengontrol Berat Badan

Oatmeal sangat baik untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Saat mengonsumsi oatmeal, perut akan terasa kenyang lebih lama. Tentu saja ini bermanfaat untuk menjaga nafsu makan agar tidak berlebihan dan tetap terkontrol. Oatmeal juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan agar tetap seimbang. Dengan begitu, berat badan akan tetap terjaga dan terhindar dari obesitas.

Nah, itu dia 5 manfaat oatmeal untuk kesehatan. Makanan satu ini juga sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.

Disadur dari Yoursay.id dan SUara.com 

Otmeal Kesehatan Puasa


Loading...