Benarkah Minum Kopi Bisa Sebabkan Kita Menjadi Lebih Mudah Marah ?

Benarkah Minum Kopi Bisa Sebabkan Kita Menjadi Lebih Mudah Marah ?
KabarBUMN.com
Editor: Malda Life Style —Senin, 20 Maret 2023 08:47 WIB

Terasjabar.id - Kopi memiliki banyak efek samping yang berbeda pada tubuh seseorang. Salah satunya efeknya bisa membuat orang lebih mudah emosi dan marah-marah.
Sebagai minuman sejuta umat yang dikonsumsi hampir setiap hari. Kopi tak hanya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, tapi jika dikonsumsi berlebihan tentunya menimbulkan efek samping untuk tubuh.

Salah satu efek samping yang bisa muncul jika meminum banyak kopi berpengaruh pada perubahan emosi seseorang. Bahkan kopi bisa memicu orang jadi lebih mudah marah dan kesal terhadap sesuatu.

Dilansir dari SF Gate (19/03), berikut beberapa alasan mengapa kopi bisa membuat orang lebih mudah marah.

1. Efek Kafein Pada Tubuh
Kafein sebenarnya dapat ditemukan tak hanya di kopi. Tapi juga di teh hingga minuman bersoda. Salah satu efek dari kafein ini adalah membuat orang jadi sering buang air kecil, bahkan hingga memicu rasa cemas atau anxiety.

Dengan mengonsumsi 500-600 miligram kafein setiap harinya, yang setara dengan empat cangkir kopi lebih, bisa membuat suasana hati jadi tidak terkontrol. Salah satunya membuat orang lebih mudah marah.

Untuk menghindarinya, sebaiknya meminum kopi dalam takaran yang dianjurkan. Sekitar 200 - 300 miligram, setara dengan 2-3 cangkir kopi.

2. Sulit Tidur Bikin Suasana Hati Buruk

Bad mood atau suasana hati yang buruk, bisa dikaitkan dengan konsumsi kopi yang berlebihan. Karena kafein memiliki efek yang membuat orang jadi sulit tidur dan selalu melek.

Kurangnya waktu istirahat atau tidur seseorang, berpengaruh pada suasana hati mereka sepanjang hari. Mereka yang tidur kurang dari empat jam sehari, jauh lebih emosi dan sensitif efek dari tubuh yang lelah.


3. Berhenti Minum Kopi

Kafein bisa dibilang merupakan zat adiktif pada kopi. Karenanya ketika seseorang memutuskan untuk berhenti minum kopi, tubuh mereka akan mengalami proses penyesuaian ulang.
Dari proses penyesuaian ini, tubuh akan merasa aneh. Seperti mengalami kelesuan, sakit kepala hingga gejala lainnya. Tentunya juga menyebabkan orang jadi lebih mudah marah.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan, untuk berhenti minum kopi secara perlahan dibandingkan tiba-tiba. Gunanya agar tubuh bisa menyesuaikan dulu usai terlepas dari kafein.

4. Cara Mengatasi Amarah
Jika kopi yang diminum memiliki efek samping membuat orang emosi. Ada beberapa cara untuk mengatur amarah dan emosi ini. Salah satunya dengan menenangkan diri, dan menghitung mundur dari 10 agar perasaan lebih tenang.

Hindari melakukan sesuatu atau berbicara sesuatu yang mungkin akan disesali. Amarah ini bisa disalurkan dengan olahraga, jogging dan masih banyak lagi.

Tentunya selalu konsumsi kopi dalam jumlah yang dianjurkan. Yaitu sekitar 2-3 cangkir kopi per hari, agar tubuh tetap sehat.

Baca artikel detikfood, "Kopi Bisa Bikin Orang Lebih Mudah Marah? Ini Penjelasannya" selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/d-6627318/kopi-bisa-bikin-orang-lebih-mudah-marah-ini-penjelasannya.


Kopi Pagi Hari Minuman Kafein viral


Loading...