Berikut Beberapa Cara Mangatasi Asam Lambung yang Naik ke Tenggorokan

Berikut Beberapa Cara Mangatasi Asam Lambung yang Naik ke Tenggorokan
Ilustrasi (dinkes Kalbar : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 6 Maret 2023 13:49 WIB

Terasjabar.id -- Asam lambung menjadi salah satu penyakit yang paling sering diderita orang-orang saat ini. Hal itu terjadi karena beberapa faktor seperti pola makan, pola tidur, dan stres. Meskipun kerap diremehkan, asam lambung termasuk penyakit yang serius karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan bahkan bisa merambat ke tenggorokan.

Dikutip dari laman instagam seorang dokter dan pemerhati kesehatan @evi_carolina2, ini beberapa cara mengatasi asam lambung yang naik ke tenggorokan. Mari, kita simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Makan dalam porsi kecil

Penderita asam lambung dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil dan lebih sering. Karena jika penderita asam lambung makan dalam porsi besar bisa mengakibatkan LES atau kepanjangan dari Lowe Esophageal Sphincter. LES sendiri adalah katup yang berada diantara lambung dan kerongkongan.

2. Hindari makan sebegitunya tidur

Makan 2 jam sebelum tidur dianjurkan bagi siapapun,. termasuk penderita asam lambung. Hal itu karena ketika kamu berbaring setelah makan, gravitasi akan memaksa isi perut lebih dekat dengan LES yang lebih dekat dengan atas perut.

3. Tinggikan kepala saat tidur

Posisi kepala yang lebih tinggi dari perut akan membantu mengurangi tekanan isi perut terhadap LES. Selain itu juga bisa menjaga isi perut dari reflux menuju kerongkongan. Jadi, penderita asam lambung disarankan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada perut.

4. Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung

Faktor makanan dan minuman adalah faktor yang paling sering memicu asam lambung. Karena, ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung gas. Karena hal itu dapat secara langsung mengiritasi lambung. Makanan dan minuman itu diantaranya adalah makanan asam, pedas, jus, dan alkohol.

5. Berhenti merokok

Merokok itu dampaknya bukan hanya pada paru-paru dan organ vital lainnya. Merokok juga bisa berpengaruh langsung dengan lambung. Bukan hanya itu, merokok baik itu aktif maupun pasif dapat mengiritasi kerongkongan.

6. Hindari stres

Ketika seseorang tidak sedang mengalami stres atau depresi, ia akan susah untuk mengatur pola makan, pola tidur, dan lainnya. Jadi, stres adalah pemicu asam lambung menuju kerongkongan yang paling kompleks. Jadi, kamu harus bisa mengelola stres dengan baik, ya!


Itulah tadi 6 cara mengatasi asam lambung yang naik ke tenggorokan. Informasi ini tidak dapat dijadikan saran medis atau profesional kesehatan yang berkualifikasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya!

Disadur dari Yoursay.id

Asam lambung Tenggorokan Kesehatan


Loading...