Berikut Beberapa Pantangan Makanan untuk Penderita Diabates

Berikut Beberapa Pantangan Makanan untuk Penderita Diabates
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 30 November 2022 15:32 WIB

Terasjabar.id - Penderita diabetes wajib untuk mengetahui jenis makanan yang menjadi pantangan dan sebaiknya dihindari. Tujuannya demi kadar gula darah yang tetap terkontrol.

Sebagai informasi, diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh kadar gula yang melonjak karena makanan. Oleh karenanya, penderita diabetes perlu untuk membatasi konsumsi makanan yang tinggi kalori dan karbohidrat.


Lantas, apa saja makanan yang menjadi pantangan untuk penderita diabetes? Simak daftarnya berikut ini.

1. Nasi

Nasi putih memiliki kandungan glukosa yang mampu memicu naiknya gula darah. Oleh karena itu, dokter menyarankan penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah.

2. Buah kering

Meski buah menjadi salah satu sumber makanan yang sehat bagi penderita diabetes, buah kering tidak termasuk di dalamnya. Sebaiknya, penderita diabetes perlu menghindari buah kering dan memilih buah-buahan segar yang rendah gula.

Penderita diabetes juga dilarang untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah diolah seperti buah kalengan tinggi gula, selai buah tinggi gula, saus buah, dan minuman rasa buah.

3. Produk susu

Para penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi produk susu seperti susu full cream, es krim, yoghurt dan keju yang tinggi lemak. Sebaliknya, disarankan mengonsumsi susu yang rendah lemak seperti keju rendah lemak dan susu skim.

4. Sereal kemasan

Sereal menjadi makanan yang tidak disarankan oleh dokter. Hal ini karena sereal kemasan mengandung karbohidrat terlalu banyak sehingga tinggi glukosa yang tidak baik untuk penderita diabetes.

Ilustrasi sereal, hukum puasa setengah hari bagi anak-anak (Pixabay/ponce_photography)
Ilustrasi sereal (Pixabay/ponce_photography)

5. Madu, sirup agave, dan sirup maple

Meskipun gula pasir menjadi pantangan yang harus dihindari oleh penderita diabetes, ternyata pengganti gula seperti madu, sirup agave, dan sirup maple pun tak baik karena memiliki kandungan gula yang tinggi juga. Maka dari itu, penderita diabetes untuk mengurangi pemanis makanan baik alami maupun olahan.

Setelah mengetahui beberapa pantangan makanan bagi penderita diabetes, sebaiknya mulailah untuk menerapkan kebiasaan yang lebih sehat. Ganti dengan asupan yang bergizi dan rendah glukosa.

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa pantangan makanan untuk penderita diabetes yang wajib untuk dihindari. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Disadur dari Suara.com 

Penderita Diabetes Makanan Pantangan


Loading...