BERIKUT ! 6 Minuman Enak yang Bisa Membuat Paru-paru Menjadi Bersih, Warga Perkotaan Wajib Meminumnya !

BERIKUT ! 6 Minuman Enak yang Bisa Membuat Paru-paru Menjadi Bersih, Warga Perkotaan Wajib Meminumnya !
Gambar Ilustrasi/Google/ Liputan 6.com
Editor: Malda Teras Health —Senin, 14 November 2022 08:51 WIB

Terasjabar.id - Kesehatan paru-paru penting untuk diperhatikan, khususnya pada orang-orang yang sehari-harinya terpapar polusi seperti asap kendaraan, debu, asap rokok, serta polutan lainnya. Pada beberapa kasus, polutan bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru, asma, dan mengganggu kerja paru-paru.
Dikutip dari WebMD, kepala alergi-imunologi di Medical College of Georgia, Dennis Ownby mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di kota, paru-paru secara bertahap kehilangan kemampuan untuk membersihkan diri dan melawan polusi.

Sementara spesialis paru di Emory University, Cherry Wongrtakool menambahkan polusi udara tidak hanya dapat memperburuk fungsi paru-paru pada orang dengan masalah pernapasan, tetapi juga dapat menurunkan fungsi paru-paru pada mereka yang memiliki paru-paru yang sehat.

Menghirup polusi memicu risiko paru-paru yang sehat sakit dalam jangka panjang, menyebabkan batuk, mengi, iritasi, dan stres berbahaya pada sistem kardiovaskular.

Tentu, langkah utama untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan tidak mengkonsumsi rokok. Namun seiring itu, ada lho minuman yang bisa dicoba untuk menjaga kebersihan paru-paru:

1. Jahe madu lemon
Jahe mengandung sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi batuk dan hidung tersumbat. Madu dapat mengurangi frekuensi batuk, sementara kandungan vitamin C pada lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Campuran dari ketiga bahan ini dapat membantu membersihkan paru-paru.

Parut jahe ukuran sedang, tambahkan satu sdt (atau lebih) madu dan beberapa tetes jus lemon ke dalam air. Didihkan secara campuran bahan tersebut, kurangi campuran menjadi setengah dan saring dalam cangkir. Minum selagi hangat untuk mendetoksifikasi paru-paru.

2. Teh Hijau
Teh hijau mengandung anti oksidan yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, termasuk paru-paru.

3. Jahe kunyit
Kunyit dipercaya dapat meredakan batuk, hidung tersumbat, dan pilek. Kandungan kurkumin pada kunyit dapat bertindak sebagai anti inflamasi, anti oksidan, dan anti kanker. Sementara jahe dapat membantu mengatasi mual dan sesak.

4. Teh Licorice (akar manis)
Teh licorice dapat membantu mengurangi batuk dan hidung tersumbat. Studi menunjukkan bahwa teh licorice memiliki sifat anti virus dan anti mikroba.
Ambil sepotong akar licrorice satu inci dan kocok. Tambahkan ke air mendidih dan biarkan meresap selama 5-10 menit. Tambahkan madu atau jus lemon untuk menyeimbangkan rasa.

5. Rebusan cinnamon (kayu manis)
Kayu manis kaya akan kandungan anti oksidan dan anti inflamasi. Keduanya dalat membantu mengurangi peradangan paru-paru. Penelitian telah menunjukkan bahwa anti-inflamasi dan antioksidan sangat bermanfaat bagi penderita kanker paru-paru sebelum dan sesudah perawatan.

6. Smoothie apel, bit, dan wortel
Ketiga makanan ini dapat membantu mendetoks tubuh. Diperkaya serat, vitamin E, vitamin C, kalium, dan beberapa senyawa lainnya yang bermanfaat mengendalikan asma dan masalah paru-paru khususnya di musim dingin. Mengonsumsi smoothie ini setiap pagi, dapat membantu paru-paru lebih bersih dan plong.

Baca artikel detikHealth, "6 Minuman Pembersih Paru-paru, Bantu Napas 'Plong' jika Sering Kena Polusi!" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6404400/6-minuman-pembersih-paru-paru-bantu-napas-plong-jika-sering-kena-polusi.




Minuman Paru paru Debu Asap polusi udara Asap kendaraan Dennis Ownby Viral Kardiovaskular


Loading...