Inilah 6 Makanan Penambah Berat Badan Anak

Inilah 6 Makanan Penambah Berat Badan Anak
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 4 November 2022 15:00 WIB

Terasjabar.id -- Ibu-ibu yang memiliki anak dengan berat badan rendah tentunya mengalami stres karena khawatir anaknya tidak cukup asupan gizi yang baik. Terlebih lagi jika usia anak masih di bawah 5 tahun, ada kalanya anak mengalami fase gerakan tutup mulut atau GTM.

Ibu-ibu yang memiliki anak dengan berat rendah tentunya harus berusaha ekstra agar bobot tubuh anaknya sesuai dengan kurva perkembangan berat badan berdasarkan usia sang anak. Untuk memudahkannya ibu bisa memberikan makanan penambah berat badan anak seperti yang terangkum di bawah ini.


1. Nasi

Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi memang terbukti mengenyangkan dan menjadi salah satu makanan penambah berat badan anak karena mengandung karbohidrat dan kalori. Jangan lupa tambahkan lauk lainnya untuk anak anda.

2. Daging merah

Daging merah mengandung protein dan kalori yang bisa membuat tubuh anak lebih berisi. Melansir dari Healthline, sekitar 456 kalori terkandung dalam 170 gram daging. Namun perlu diingat untuk tidak memilih daging dengan kandungan lemak yang terlalu banyak. Sajikanlah bersama sayur agar lebih nikmat.

3. Telur

Selain rasanya yang enak, telur juga cukup mudah dan praktis diolah untuk berbagai macam jenis masakan. Nutrisi dan protein juga banyak terkandung dalam telur yang bisa menambah berat badan anak anda.

4. Keju

Produk yang berasal dari turunan susu ini mengandung lemak dan juga protein yang baik untuk menaikkan berat badan anak. Selain itu keju juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi anak.

5. Alpukat

Buah enak satu ini bisa diberikan pada anak sebagai penambah berat badan. Kandungan kalori dan lemaknya baik untuk kesehatan sang anak. Dalam sebuah alpukat ukuran besar, mengandung lebih dari 300 kalori.

6. Cokelat hitam

Melansir dari SehatQ, cokelat hitam memiliki kandungan lemak baik yang bisa membantu menambah berat badan anak. Selain lemak baik, cokelat hitam juga mengandung zat besi, serat, magnesium dan lainnya. Namun perlu diingat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan 70 persen kakao agar manfaatnya lebih bisa dirasakan.

Cobalah makanan penambah berat badan anak di atas untuk anak anda. Semoga bisa memberikan manfaat yang baik dan hasil signifikan pada kenaikan berat badan anak. Ciptakan variasi menu agar anak anda tidak cepat bosan. Selamat mencoba, semoga anak anda suka!

Disadur dari Suara.com 

Berat Badan Asupan Gizi Anak Makanan


Loading...