Inilah 5 Cara Menjaga agar Kulit Tetap Sehat

Inilah 5 Cara Menjaga agar Kulit Tetap Sehat
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Jumat, 28 Oktober 2022 14:46 WIB

Terasjabar/id -- Menjadi bagian tubuh terluar dan merupakan organ mayoritas di tubuh manusia, kulit menjadi rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari yang berlebih, kuman, bakteri dan lain-lain. Oleh karena itu, kulit merupakan salah satu yang organ manusia yang perlu perawatan rutin. 

Merawat kulit tidak cukup hanya menggunakan produk perawatan kulit saja, namun menjaga pola hidup yang sehat dan menjaga kesehatan kulit dengan cara yang tepat juga menjadi kewajiban kita.

Dilansir dari laman Halodoc, berikut ini adalah 5 cara menjaga agar kulitmu tetap sehat.

1. Istirahat yang cukup

Ketika kita beraktivitas di luar ruangan kulit kita akan terpapar sinar UV, hal ini yang menyebabkan kulit rentan menjadi kusam dan kering. Namun saat kita sedang tidur, kulit menjadi memiliki kesempatan untuk memperbaiki sel-sel kulit yang telah mati.

Sebuah Jurnal berjudul Clinical and Experiental Dermathology menyebutkan bahwa mayoritas orang yang tidur selama 7 - 9 jam setiap hari.

2. Hindari Merokok

Selain berdampak pada kesehatan paru-paru, merokok juga menjadi salah satu faktor penyebab kulit kamu menjadi tidak sehat. Pasalnya, merokok dapat membuat sel darah kecil yang ada dalam kulit kamu menjadi sempit, sehingga kulit menjadi kusam dan pucat. 

3. Menjaga Pola Makanan yang Sehat

Tak hanya menjadi penyeimbang asupan gizi dalam tubuh kamu sehari-hari, makanan yang sehat juga menjadi hal penting yang harus dijaga untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Kamu bisa melakukannya dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam makan-makanan sehat seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan lain-lain.

4. Beraktivitas Fisik Setiap Hari

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Aging Cell, mengatakan bahwa ketika seseorang beraktivitas fisik seperti berolahraga, akan melepaskan sebuah senyawa yang disebut dengan IL-15. 

IL-15 bermanfaat sebagai senyawa yang mencegah kulit mengalami penuaan dini, IL-15 memiliki peran dalam menghambat terjadinya kerusakan terhadap kulit hingga ke sel-sel kulit.

5. Mengelola Stres dengan Baik

Ketika kita mengalami stres yang tidak terkontrol dengan baik, kulit akan mengeluarkan hormon kortisol, dimana hormon kortisol membuat kulit mengeluarkan minyak alami melalui pori-pori kulit.

Minyak yang berlebih di dalam pori-pori kulit kita tentu membuat tumbuhnya bakteri-bakteri yang ada di kulit, sehingga muncul berbagai macam penyakit kulit seperti jerawatan dan kulit berminyak. 

Itulah beberapa cara untuk merawat kulit agar tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Disadur dari Suara.com, 

Tubuh Manusia Kulit Hidup Sehat


Loading...