Surahman : Mengapresiasi pemerintah Daerah Yang Membantu Program PTSL Di Wanasaraya

Surahman : Mengapresiasi pemerintah Daerah Yang Membantu Program PTSL Di Wanasaraya
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 21 Oktober 2022 15:14 WIB

Kuningan,Terasjabar.id - Masyarakat yang mempunyai bidang tanah agar sesegera mungkin untuk memiliki sertifikat atas hak bidang tanah yang dimilikinya sebagai bukti legalitas kepemilikan.

Demikian ditegaskan Bupati Kuningan H Acep Purnama, saat menyerahkan Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) TA 2022 secara simbolis di Desa Wanasaraya Kecamatan Kalimanggis, Kamis (20/10/2022).

“Saya ucapkan selamat kepada masyarakat Desa Wanasaraya yang sudah menerima Sertipikat Program PTSL. Sertifikat sangat penting sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah dan memiliki nilai tersendiri,. Terlebih jika membutuhkan modal usaha bisa digunakan sebagai agunan ke Bank dan sah-sah saja.

Target Pengukuran (PBT) di Desa Wanasaraya 2071 bidang, Target Sertipikasi (SHAT) 2071 Bidang, dan saat ini telah diserahkan sebanyak 589 Bidang.

Gambar

Bupati Acep berpesan agar mempergunakan sertipikat dengan bijak, termasuk salah satunya sebagai modal bagi masyarakat untuk membuka usaha guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jaga baik-baik sertipikat ini, karena ada nilai rupiahnya. Tetapi misalkan mau dititipkan di perbankan bisa aja, asalkan untuk modal usaha, jadi dari usaha bisa membayar tanggungan di perbankan tadi. Semoga dengan adanya penambahan modal usaha bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Kantor ATR/BPN Kuningan, Surahman mengapresiasi dukungan pemerintah daerah, yang telah membantu program PTSL ini. Ia juga mengingatkan apabila ada yang keliru dalam penulisan sertifikat hendaknya segera dilaporkan ke petugas untuk nantinya diperbaiki oleh Kantor BPN.

“Dikatakan, manakala sertifikat sudah diterima agar dicermati dengan seksama. Pengalaman kami di lapangan, banyak terjadi penulisan nama yang tidak sesuai. Jadi koreksi sangat penting,” paparnya mengingatkan.

Surahman mengharapkan, dengan terbentuknya data pertanahan yang lengkap dan akurat, ke depan permasalahan tanah akan semakin berkurang, perencanaan pembangunan akan semakin mudah.

Sementara itu, Agus salah seorang penerima sertipikat PTSL mengungkapkan, kami merasa lega dan bersyukur telah memiliki sertipikat hak atas tanah. Sertipikat ini akan mempermudah kami warga Desa Wanasaraya. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah memberikan sertipikat tanah secara gratis,”. (H Aboy)

Bupati Kuningan Bidang Tanah PTSL TA 2022 Wanayasa Surahman


Loading...