Berikut Beberapa Tips Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Berikut Beberapa Tips Turunkan Berat Badan dengan Cepat
Ilustrasi (Klikdokter : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 27 September 2022 11:43 WIB

Terasjabar.id - Menurunkan berat badan bukanlah jawaban dari setiap masalah kesehatan, tetapi ketika seorang dokter merekomendasikan, berikut beberapa tipsnya.

Penurunan berat badan yang stabil sebesar 0,5 hingga 1 kilogram per minggu direkomendasikan untuk manajemen berat badan dalam jangka panjang yang paling efektif.

Biasanya, diet rendah karbohidrat atau diet yang berfokus pada makanan utuh dilakukan oleh beberapa orang, tetapi ada beberapa prinsip umum yang berlaku saat kamu mencoba menurunkan berat badan.

1. Kurangi Karbohidrat Olahan

Salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Ini bisa dengan rencana makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Dengan rencana makan rendah karbohidrat, kamu akan menggunakan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat.

Sebuah studi tahun 2020 mengkonfirmasi bahwa diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua.

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan, yang dapat menyebabkan makan lebih sedikit kalori secara alami tanpa memikirkannya atau merasa lapar.

2. Makan Protein, Lemak, dan Sayuran

Untuk menyeimbangkan piring dan membantu menurunkan berat badan, makanan harus mencakup sumber protein, sumber lemak, sayuran, sebagian kecil karbohidrat kompleks seperti biji-bijian.

Bukti menunjukkan bahwa makan protein yang cukup dapat meningkatkan faktor risiko kardiometabolik, nafsu makan, dan berat badan.

Diet dengan protein yang cukup juga dapat membantu mengurangi keinginan ngemil dan membantu merasa kenyang dan puas.

Selain itu, jangan takut untuk mengisi piring dengan sayuran berdaun hijau. Mereka dikemas dengan nutrisi, dan kamu bisa makan dalam jumlah yang sangat besar tanpa meningkatkan kalori dan karbohidrat.

Semua sayuran adalah makanan yang kaya nutrisi dan sehat untuk ditambahkan ke dalam dietmu, tetapi beberapa sayuran, seperti kentang, ubi jalar, labu, dan jagung, lebih tinggi karbohidratnya.

Kemudian, tubuhmu tetap membutuhkan lemak sehat, apa pun makanan yang kamu pilih. Minyak zaitun dan minyak alpukat adalah pilihan yang bagus lemak sehat. Ada juga kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, dan alpukat juga merupakan tambahan yang lezat dan sehat.

3. Berolahraga

Olahraga, meskipun tidak diperlukan untuk menurunkan berat badan, tetapi dapat membantu untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Mengangkat beban memiliki manfaat yang sangat baik.

Dengan mengangkat beban, kamu akan membakar kalori dan membantu mencegah metabolismemu melambat, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

Cobalah latihan kekuatan tiga sampai empat kali seminggu. Tetapi Jika angkat beban bukanlah pilihanmu, kamu bisa melakukan beberapa latihan kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara umum.

Disadur dari Suara.com 

Berat Badan Menurunkan Tips


Loading...