Berikut Beberapa Manfaat Buah Alpukat Selama Kehamilan yang Tak Banyak Diketahui

Berikut Beberapa Manfaat Buah Alpukat Selama Kehamilan yang Tak Banyak Diketahui
Ilustrasi (The Asian Parent : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 20 September 2022 09:53 WIB

Terasjabar.id -- Alpukat menjadi salah satu buah yang populer karena rasa serta nilai gizinya. Seperti disadur dari MomJunction, buah alpukat juga populer dikonsumsi pada periode perikonsepsi sebab diyakini dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Selain itu, alpukat juga menjadi buah yang aman bila dimasukkan ke makanan ibu hamil karena mempunyai kandungan sejumlah besar nutrisi penting, seperti kalium dan juga folat yang diperlukan untuk pertumbuhan serta perkembangan janin. Berikut lima manfaat buah alpukat bagi ibu hamil:

Ikuti INSTAGRAM KAmi :



1. Sumber Folat yang Baik

Pada umumnya kekurangan asam folat atau folat yang cukup justru dapat menyebabkan terjadinya cacat lahir pada bayi. Oleh sebab itulah, janin memerlukan asam folat dengan jumlah yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan dan juga perkembangan organ yang tepat. Sementara itu, alpukat menjadi salah satu buah yang diperkaya asam folat dengan jumlah sekitar 19mcg per ons buah.

2. Membantu Pencernaan

Biasanya sembelit dan penyakit perut sering kali terjadi selama kehamilan. Oleh karenanya kandungan serat yang melimah dalam buah alpukat diyakini dapat membantu pencernaan serta mempermudah dalam buang air besar.

3. Mengatasi Anemia

Bukan hanya gangguan sembelit, ibu hamil juga dapat mengalami gangguan anemia. Hal ini diakibatkan karena kurangnya zat besi selama kehamilan. Karena itulah ibu  hamil juga perlu mengonsumsi alpukat yang diketahui memiliki banyak kandungan zat besi yang diperlukan selama masa kehamilannya.

4. Mengatasi Mual di Pagi Hari

Mual di pagi hari menjadi gejala awal kehamilan yang paling umum dialami. Hal ini akan membuat ibu hamil merasa lelah dalam kurun waktu tiga bulan pertama. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat mengonsumsi alpukat. Pasalnya, alpukat diperkaya akan kadungan vitamin C yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut selama kehamilan.


5. Meredakan Kram Kaki

Selain mual di pagi hari, ibu hamil juga rawan mengalami kram kaki selama masa kehamilannya. Sedangkan alpukat justru mejadi salah satu  buah yang mampu membantu meredakan kram pada kaki. Hal ini dikarenakan buah alpukat mempunyai banyak kadungan potasium, kalium, dan kalsium yang mampu membantu meredakan gangguan tersebut.

Meskipun buah alpukat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil, tetapi ada baiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, meskipun sedikit dan hanya sejumlah kecil, tetapi mengonsumsi sesuatu secara berlebihan dapat menyebabkan munculnya efek samping. Silakan dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika memiliki beberapa masalah kesehatan khusus. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Disadur dari Suara.com dan Yoursay.id

Alpukat Nutrisi Ibu Hamil


Loading...