Mamah Mudah Harus Tahu, Begini 8 Arti Gestur Bayi yang Harus Dimengerti Salah Satunya Ketika Kaki Terus Bergerak yang Berarti Sedang Bahagia !

Mamah Mudah Harus Tahu, Begini 8 Arti Gestur Bayi yang Harus Dimengerti Salah Satunya Ketika Kaki Terus Bergerak yang Berarti Sedang Bahagia !
Farmaku
Editor: Malda Life Style —Selasa, 20 September 2022 09:28 WIB

Terasjabar.id - Orang dewasa dapat berkomunikasi dan menunjukan ekspresi mereka dari suara dan bahasa yang bunda ketahui. Hal tersebut tidaklah dimiliki oleh seorang bayi. Salah satu cara bayi berkomunikasi dan menunjukan ekspresi mereka adalah dengan menggunakan bahasa tubuh.

Bahasa tubuh dari seorang bayi dapat menunjukan bahwa mereka membutuhkan perhatian atau memberikan sinyal bahwa mereka sedang mengalami sesuatu di dalam tubuh atau pikiran mereka.

Ikuti INSTAGRAM Kami :




Sebagai orang tua, bunda harus mengetahui beragam bahasa tubuh si kecil agar bunda dapat mengetahui apa yang sedang mereka rasakan.

Lantas, apa saja bahasa tubuh yang harus bunda ketahui? Lalu, apa arti dari bahasa tubuh yang bunda harus pahami?

Merangkum dari beberapa situs, berikut adalah beberapa bahasa tubuh bayi yang harus bunda ketahui dan pahami:

1.Meringkuk

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang pertama adalah ketika bayi meringkuk dan menekuk lutut ke tubuh mereka.

Ketika si kecil mengarahkan lutut mereka ke perut dalam kondisi meringkuk, maka tubuh si kecil memberikan sinyal bahwa mereka mengalami masalah pencernaan.


Masalah pencernaan pada bayi dapat beragam, mulai dari sembelit, kelebihan gas di dalam perut hingga permasalahan pada usus mereka. Bunda dapat menghindari makanan yang bisa mengiritasi perut mereka dan membawa mereka ke dokter apabila masalah pencernaan mereka belum selesai.

2.Tangan Mengepal dan Kencang

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang berikutnya adalah ketika bayi mengepalkan tangan mereka.

Gerakan yang satu ini umumnya dilakukan si kecil ketika mereka merasa stres dan marah karena suatu hal bun.

Salah satu contohnya seperti ketika bunda belum mengganti popok mereka atau ketika si kecil merasakan lapar. 

3.Menggosok Mata

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang berikutnya adalah ketika bayi menggosok-gosok mata mereka.

Ketika bayi melakukan gerakan dengan menggosok mata mereka, gerakan tersebut merupakan tanda bahwa si kecil dalam kondisi kelelahan dan butuh istirahat.

Bunda dapat menenangkan mereka dengan cara yang membuat mereka merasa nyaman sampai mereka tertidur. Akan tetapi, apabila si kecil terus melakukan gerakan ini, maka bunda harus membawa mereka ke dokter karena dikhawatirkan terdapat infeksi pada mata mereka.

4.Gerakan Tiba-Tiba

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang berikutnya adalah ketika bayi melakukan gerakan secara tiba-tiba.

Bunda mungkin pernah melihat bayi bunda melakukan gerakan secara tiba-tiba, salah satunya ketika mereka sedang terlelap, Gerakan tiba-tiba ini menunjukan bahwa mereka terkejut atau kaget karena suatu hal.

Beberapa hal yang dapat membuat bayi terkejut dan kaget adalah gerakan yang mengejutkan mereka atau suara yang cukup keras. Maka dari itu, penting bagi bunda untuk meminimalisir suara di sekitar si kecil agar mereka tidak mudah terkejut.

5.Melengkungkan Punggung

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang berikutnya adalah ketika bayi melengkungkan punggungnya.

Bayi yang melengkukngkan punggung mereka bisa menjadi sinyal bagi bunda bahwa mereka sedang merespon rasa sakit atau menunjukan rasa tidak nyaman pada tubuhnya.

Selain itu, bayi melakukan gerakan ini karena bayi perlu merubah posisi pada tubuhnya. Solusinya adalah dengan mencarikan mereka tempat yang lebih nyaman agar mereka dapat melepaskan diri dari rasa tidak nyaman yang mereka rasakan.

6.Mengisap Kepalan Tangan

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang berikutnya adalah ketika bayi mengisap kepalan tangan mereka sendiri.

Bunda pasti pernah melihat si kecil mengisap kepalan tangan mereka. Gerakan mengisap kepalan tangan tersebut biasanya merupakan sinyal bahwa mereka sedang merasa lapar dan ingin makan.

Selain itu, gerakan mengisap kepalan tangan ini juga menjadi salah satu cara bagi bayi untuk menenangkan diri ketika berusaha untuk tidur.

Tonton Juga :

7.Kaki Bergerak Terus-Menerus

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang berikutnya adalah ketika kaki bayi bergerak terus-menerus.

Ketika si kecil menggerakkan kaki mereka secara terus menerus, maka si kecil berada pada kondisi yang semangat dan bahagia. 

Salah satu contohnya adalah ketika bunda menggelitik perut bayi, mereka akan kegirangan dan menunjukannya dengan menggerakkan kakinya secara terus menerus. Gerakan ini merupakan gerakan yang patut bunda syukuri karena mereka dalam kondisi senang dan bahagia.

8.Memalingkan Wajah

Gerakan atau bahasa tubuh bayi yang bunda harus ketahui yang terakhir adalah ketika bayi memalingkan wajah mereka.

Bayi memalingkan wajah memiliki arti bahwa bayi merasa tidak tertarik pada suatu hal atau merasa bosan. Bayi bunda menginginkan sesuatu yang baru yang dapat menghibur mereka.

Apabila si kecil sudah memalingkan wajah mereka, maka bunda dapat menghibur mereka dengan membawa mereka jalan-jalan keluar rumah atau melakukan sesuatu yang baru.

Baca Juga :

(Sumber: Suara.com)

Bayi Gestur bayi viral mamah muda komunikasi viral gerakan tubuh


Loading...