Komnas HAM Bantah Kalau Brigadir J Dibunuh di Magelang

Komnas HAM Bantah Kalau Brigadir J Dibunuh di Magelang
Detik.com
Editor: Malda Hot News —Rabu, 27 Juli 2022 15:33 WIB

Terasjabar.id - Komnas HAM menepis adanya kesimpulan mengenai Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J dibunuh di Magelang, Jawa Tengah (Jateng), sambil tertawa-tawa. Bagaimana analisisnya?
"Kemarin ada satu forum yang tertawa-tawa gitu kan. Kami jelaskan dengan pemeriksaan ADC-ADC (aide de camp), apa yang kami maksud dengan forum tertawa itu," ucap komisioner Komnas HAM Choirul Anam di Komnas HAM, Rabu (27/7/2022).

Anam menjelaskan ada pemberitaan yang menyebutkan Brigadir J dibunuh di jalan antara Magelang ke Jakarta sambil tertawa-tawa. Menurut Anam, pemberitaan itu salah menafsirkan apa yang disampaikannya.

"Kami tidak pernah ngomong Brigadir J dibunuh di jalan, nggak pernah. Cek semua, ini kami nggak pernah mengatakan demikian. Apalagi 
"Yang ada adalah forum tertawa-tawa itu forum antar-ADC ya sebelum kematian. Lokasinya di Jakarta yang itu ngobrol nyantai begini dan tertawa-tawa. Siapa yang tertawa? Termasuk J ya. Jadi, kalau ini seolah-olah dibunuh dengan tertawa-tawa antara Magelang dan Jakarta, sudah itu salah," imbuhnya.

Isu Brigadir J Dibunuh di Magelang

Sebelumnya, pengacara keluarga Brigadir Yoshua atau Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, menyebutkan dugaan Brigadir J dibunuh di Magelang atau Jakarta. Bagaimana argumentasinya?

Kamaruddin awalnya menunjukkan sambil menjelaskan apa yang disebutnya sebagai bukti luka-luka di tubuh Brigadir Yoshua. Dia mengatakan foto-foto luka di tubuh Brigadir Yoshua itu telah diserahkan ke Bareskrim Polri sebagai bukti. Dia kemudian bicara soal dugaan lokasi dan waktu dugaan pembunuhan. Dia menyebut ada dua lokasi yang diduga menjadi tempat dugaan pembunuhan terjadi.

"Adapun tindak pidana ini diduga terjadi pada tanggal 8 Juli 2022 sekira atau antara pukul 10 pagi hari sampai dengan pukul 17.00. Locus delicti-nya adalah kemungkinan besar antara Magelang dan Jakarta. Itu alternatif pertama. Alternatif kedua locus delicti-nya di rumah Kadiv Propam Polri atau rumah dinas di Duren Tiga, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan," ujar Kamaruddin di Bareskrim Polri, Senin (18/7).

Dia mengatakan alternatif kedua lokasi dugaan pembunuhan itu terkait lokasi penemuan mayat. Dia mengatakan lokasi penemuan mayat di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo itu diketahui dari surat permohonan visum.

"Alternatif pertama locus delicti-nya itu antara Magelang dan Jakarta. Alternatif kedua karena mayat ditemukan di situ, berdasarkan permohonan visum et repertum Kapolres Jakarta Selatan di rumah Kadiv Propam Polri, di Kompleks Polri Duren Tiga," ucapnya.

CCTV Sepanjang Jalan dari Magelang ke Jakarta Disita

Berkaitan dengan hal itu, Polri sudah meminta CCTV sepanjang jalan dari Magelang ke Jakarta untuk disita polisi. Kini polisi telah menemukan rekaman CCTV tersebut.

"Demikian juga CCTV sepanjang jalan dari Magelang sampai TKP sini, itu juga sudah ditemukan penyidik," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu (23/7).

Dedi mengatakan rekaman CCTV tersebut masih didalami oleh Labfor Polri. Katanya, rekaman itu harus dilakukan kalibrasi demi kecocokan waktu.

"Sekarang masih proses pemeriksaan oleh Labfor untuk mengklarifikasi dan kalibrasi untuk mencocokkan waktunya. Karena waktu yang ada di CCTV dengan real time harus sama," katanya.

"Jadi itu, saya minta kepada rekan-rekan, tolong diluruskan. Jangan sampai terjadi abuse of information," sambungnya.

(dhn/fjp/Detik.com)

Baca artikel detiknews, "Komnas HAM Tepis Kesimpulan Brigadir J Dibunuh Sambil Tertawa di Magelang" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6201617/komnas-ham-tepis-kesimpulan-brigadir-j-dibunuh-sambil-tertawa-di-magelang.


Brigadir J Baku tembak Polisi Vs Polisi Rumah Dinas Duren Tiga Jaksel viral Polri Bharada E Komnas HAM Ferdy Sambo Jateng Komnas HAM


Loading...