Berikut Beberapa Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan, Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Berikut Beberapa Manfaat Telur Ikan untuk Kesehatan, Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh
Ilustrasi (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 27 Juli 2022 14:05 WIB

Terasjabar.id - Olahan telur ikan biasanya dapat ditemui pada makanan Jepang, seperti sushi. Namun, jika Anda ingin memakan olahan telur ikan yang populer di Indonesia, Anda dapat mengonsumsi telur ikan goreng, pepes telur ikan dan lain sebagainya. Manfaat telur ikan sendiri beragam untuk kesehatan.

Telur ikan mengandung nutrisi omega 3 dan anti inflamasi yang tinggi. Selain itu, telur ikan juga mengandung vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

Apa saja manfaat telur ikan yang baik untuk kesehatan tubuh ini? Simak ulasannya berikut ini.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Telur ikan mengandung lemak omega 3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol hingga baik untuk kesehatan jantung. Selain itu ada kandungan EPA dan DHA yang dapat menurunkan kadar lipid yang berbahaya karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah kanker payudara

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang diwaspadai oleh wanita. Salah satu cara pencegahan kanker payudara ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi telur ikan. Sebab telur ikan mengantung asam lemak omega 3 yang dapat membantu peradangan dan mencegah risiko kanker payudara.

Ilustrasi telur ikan. [Envato Elements]
Ilustrasi telur ikan. [Envato Elements]

3. Meningatkan fungsi kekebalan tubuh

Telur ikan memiliki kandungan selenium yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Telur ikan juga dapat meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan menjaga kesehatan tubuh lainnya. Dengan menjaga daya tahan tubuh ini, Anda dapat terhindar dari virus dan penyakit lainnya. 

4. Kesehatan gigi dan tulang

Telur ikan kaya akan vitamin D yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Bahkan telur ikan ini dapat mengobati radang sendi karena asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya.

5. Mencegah alzheimer

Penyakit alzheimer ini merupakan penyakit yang terjadi pada orang usia senja yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan menurunkan daya ingat. Oleh karenanya, disarankan untuk mengonsusmi telur ikan secara teratur untuk mencegah alzheimer ini terjadi.

Nah demikian ulasan seputar 5 manfaat telur ikan yang baik untuk kesehatan.Harga telur ikan pun bermacam-macam sesuai dengan cara pengolahannya, seperti telur salmon hingga kaviar yang mahal. Tentunya bisa disesuaikan dengan budget ya, semoga informasi ini bermanfaat!

Disadur dari Suara.com

Olahan Telur Ikan Manfaat Kesehatan


Loading...