Berikut Beberapa Manfaat Buah Carica Asal Dieng, Baik untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Manfaat Buah Carica Asal Dieng, Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi buah Carica. (steemit.com)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 12 Juli 2022 14:56 WIB

Terasjabar.id - Tahukah Anda apa itu buah carica? Buah carica adalah buah asli Indonesia yang tumbuh di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Buah ini memiliki kemiripan dengan pepaya mini yang ternyata memiliki berkhasiat untuk menunjang kesehatan tubuh. Lalu bagaimana manfaat buah carica? Simak ulasannya berikut ini ya!

Apa itu Buah Carica?

Buah carica memiliki nama latin Vasconcellea Cundinamarcensis yang tumbuh pada ketinggian 1.500 - 3.000 mdpl yang memiliki banyak manfaat. Bahkan masyarakat Dieng menyebut buah ini sebagai buah para Dewa. 

Pasalnya buah berwarna kuning ini mengandung kaya nutrisi tinggi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat, protein, kalsium, B1 dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa manfaat yang terdapat pada buah carica yang dapat Anda ketahui.


1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah carica yang kaya akan vitamin A ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu seseorang untuk terhindari dari rabun senja, mencegah mata kering dan tidak mudah terkena infeksi mata. Meski kandungan vitamin A pada buah carica tidak lebih besar daripada wortel, namun buah ini cukup dapat memenuhi asupan vitamin A dalam tubuh.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat vitamin C pada buah carica ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan lapisan pelindung pada organ tubuh sehingga tubuh dapat terjaga dari virus, bakteri dan lainnya. Jika rutin mengonsumsi buah carica, tubuh akan terasa lebih bugar untuk melakukan aktivitas harian.

3. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C dan E dalam buah carica ini mampu untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah tanda penuaan kulit, kerutan pada dahi, dan melawan radikal bebas. Konsumsi buah carica secara rutin akan membuat hasil yang lebih maksimal untuk kesehatan kulit Anda.

4. Baik untuk saluran pencernaan

Buah carica yang mengandung serat yang tinggi dapat membantu Anda untuk memperlancar proses pencernaan. Serat ini juga bermanfaat untuk menyerap protein dalam tubuh. Sementara itu buah carica juga mengandung zat anti bakteri yang bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi pada usus.

5. Menjaga rambut tetap sehat

Jika Anda ingin menjaga kesehatan rambut secara alami, mengonsumsi buah carica menjadi solusi yang terbaik. Buah carica ini dapat melembapkan, melembutkan hingga dapat menyehatkan rambut. Anda dapat menggunakan buah carica ini sebagai masker rambut yang dicampurkan dengan minyak zaitun untuk hasil yang lebih maksimal.

Nah, itulah 5 manfaat buah carica yang sangat baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!


Disadu rdari Suara.com 

Buah Carica Dieng Jawa Tengah Vitamin Manfaat


Loading...