Berikut Beberapa Fakta Menarik ISAC 2022, Akhirnya Digelar Setelah Lama Vakum

Berikut Beberapa Fakta Menarik ISAC 2022, Akhirnya Digelar Setelah Lama Vakum
Fakta ISAC 2022 (Sompi)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 12 Juli 2022 13:58 WIB

Terasjabar.id -- ISAC atau Idol Star Athletic Championship akan kembali digelar tahun ini. Menyadur dari Soompi, kejuaraan olahraga para idol Korea Selatan ini dikonfirmasi pada 17 Juni. Berita ini pun disambut dengan sukacita setelah sempat vakum selama masa pandemi.

Untuk menyambut ISAC tahun ini, ada beberapa fakta menarik tentang ISAC dari tahun-tahun sebelumnya yang  telah dirangkum dari Soompi.

1. Akan Digelar pada Bulan September

Pihak penyelenggara ISAC, MBC, akhirnya mengkonfirmasi bahwa program populer berskala besar ini akan akan kembali digelar untuk kali pertama dalam tiga tahun terakhir.

Perwakilan MBC pun membagikan fakta pada 11 Juli, bahwa syuting untuk program ISAC akan mulai dilakukan pada akhir Juli dan awal Agustus mendatang,

“Syuting 'ISAC' akan dilakukan selama dua hari pada 30 Juli di MBC Open Hall di Sangam, sedangkan syuting 1 Agustus akan berlangsung di Goyang Gymnasium," ungkapnya.

Sebelum pandemi COVID-19, ISAC selalu ditayangkan dua kali dalam satu tahun, yaitu pada tahun baru imlek di musim dingin dan pada liburan Chuseok (Thanksgiving Korea) di musim gugur.

2. Sempat Mengalami Pembatalan

Pada 2020, program olahraga populer bagi boygrup, girl group, dan solois Korea Selatan ini sempat mengalami pembatalan. Hal ini disebabkan karena kondisi pandemi yang saat itu kembali memburuk.

Meski begitu, selama tiga tahun tidak menayangkan ISAC, MBC tetap merilis beberapa program spin-off dari acara ini yang berfokus pada lomba ketangkasan anjing dan eSports.

Ada dua mobile game yang sempat dipertandingkan, di antaranya:  PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile dan KartRider versi mobile. 

Di tahun ini, MBC mengungkap bahwa detail dari acara ISAC 2022 belum bisa dibagikan karena masih dalam tahap diskusi. 

ISAC pertama kali ditayangkan tahun 2010 dengan cabang pertandingan olahraga yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Namun, fokus utama dari program ini adalah atletik termasuk lompat tinggi, lompat jauh, dan lari estafet, panahan, basket, futsal, bowling, tenis meja, gulat Korea (sseurim) dan masih banyak lagi.

3. Para Pemenang ISAC dalam Sejarah

Menurut sejarah, medali terbanyak dalam ISAC pernah diraih oleh tim B pada 2014 yang terdiri dari: 4Minute, Beast, Apink, Roh Ji Hoon, BTOB, B.A.P, MBLAQ, Pure, MAP6, C-Clown, Secret, Girl's Day, AOA, dan Tint. Saat itu, mereka meraih enam medali emas sekaligus.

Sedangkan untuk individual, Bora eks SISTAR meraih tiga medali emas pada 2010, lalu Minho SHINee di tahun 2011 dan Minhyuk BTOB pada 2014. 

4. ISAC Tanpa Pertandingan

Selama 12 tahun digelar, untuk kali pertama pada 2021, ISAC pernah berlangsung tanpa pertandingan.ISAC: Hall of Fame 2021 ini dipandu oleh MC Jun Hyun Moo dan Leeteuk Super Junior. Acara ini pun menghadirkan Hall of Famers legendaris dari sejarah ISAC, di antaranya: Minho SHINee, Doojoon Highlight, Minhyuk BTOB, dan Bomi Apink.

Tidak hanya itu, ada juga beberapa idola yang dijuluki Rising ISAC Rookies juga memeriahkan acara ini, seperti: Seunghee Oh My Girl, Hyunjin Stray Kids, Juyeon The Boyz, Yeji dan Lia ITZY, Moonbin ASTRO, dan Jeno NCT Dream. 

Demikian 4 fakta menarik ISAC yang akan digelar kembali tahun ini yang dirangkum melalui Soompi.

Disadur dari Suara.com 

ISAC Idol Kejuaraan Olahraga


Loading...