Dinkes Kota Cirebon Menggencarkan Sosialisasikan Bahaya Hepatitis Akut Misterius ke Posyandu

Dinkes Kota Cirebon Menggencarkan Sosialisasikan Bahaya Hepatitis Akut Misterius ke Posyandu
Dok. Dinkes Kota Cirebon -- Petugas Puskesmas Perumnas Utara saat menyosialisasikan penyakit hepatitis akut misterius di salah satu posyandu Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jum
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 13 Mei 2022 11:23 WIB

Terasjabar,id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon menggencarkan sosialisasi bahaya hepatitis akut misterius.


Bahkan, sosialisasi tersebut dilaksanakan hingga ke tingkat pos pelayanan terpadu (posyandu) yang tersebar hampir di setiap RT dan RW se-Kota Cirebon.


Kepala Dinkes Kota Cirebon, Edy Sugiarto, mengatakan, seluruh puskesmas di Kota Cirebon rutin menyosialisasikan hepatitis akut misterius dalam kegiatan posyandu.


"Jadi, posyandu tidak hanya pemeriksaan kesehatan anak, tetapi disisipkan sosialisasi mengenai hepatitis akut misterius," kata Edy Sugiarto saat ditemui di Dinkes Kota Cirebon, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Jumat (13/5/2022).


Ia mengatakan, sosialisasi itu sengaja menyasar posyandu, karena kasus hepatitis akut misterius banyak ditemukan di kalangan usia 16 tahun ke bawah.


Selain itu, dari hasil pemeriksaan laboratorium kasus hepatitis akut misterius juga berbeda, karena tidak ditemukan adanya virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E.


Karenanya, pihaknya mengedukasi para orang tua untuk lebih waspada terhadap penyakit yang dapat menular melalui mulut kemudian menyerang hati.


Para orang tua diminta memerhatikan kebersihan dan tingkat kematangan makanan anak-anaknya, termasuk peralatan makan yang digunakan.

"Upayakan tidak bergantian menggunakan alat makan, dan kalau perlu alat makannya direbus, serta yang terpenting rajin cuci tangan menggunakan sabun," ujar Edy Sugiarto.


Edy juga mengingatkan para orang tua untuk lebih memerhatikan kebersihan lingkungan tempat tingga dan tidak menyuapi anaknya langsung menggunakan tangan.


Pasalnya, sejauh ini hepatitis akut misterius belum diketahui penyebabnya, sehingga diduga berasal dari makanan dan minuman yang tidak terjamin kebersihannya.


Adapun gejala awal penyakit hepatitis akut misterius, di antaranya, mual, muntah, diare berat, demam, mata kuning, kejang, hingga penurunan kesadaran.


"Kunci untuk mencegah penyebaran hepatitis akut misterius adalah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," kata Edy Sugiarto. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Dinkes Kota Cirebon Gencar Sosialisasikan Bahaya Hepatitis Akut Misterius ke Posyandu, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/13/dinkes-kota-cirebon-gencar-sosialisasikan-bahaya-hepatitis-akut-misterius-ke-posyandu.
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Darajat Arianto

Dinkes Kota Cirebon Hepatitis Akut Posyandu


Loading...