Ada Hepatitis Misterius, Disdik Sumedang Tunggu Saran Dinkes Jabar, PTM SD Tetap 100 Persen

Ada Hepatitis Misterius, Disdik Sumedang Tunggu Saran Dinkes Jabar, PTM SD Tetap 100 Persen
Tribun Jabar / Kiki Andriana -- Kepala Dinas Pendidikan Sumedang Agus Wahidin saat memberikan keterangan kepada Tribun Jabar.id di Sumedang, Jumat (20/8/2021).
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 13 Mei 2022 11:13 WIB

Terasjabar.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang masih menunggu saran dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk langkah pencegahan hepatitis misterius

Penyakit itu menyerang anak-anak dan remaja, dan kini di Indonesia telah ditemukan 15 orang terserang penyakit tersebut. 

Namun, meski masih dalam tahap menunggu, Dinkes Sumedang tetap melakukan pencegahan sebagaimana protokol kesehatan Covid-19 diterapkan. 

"Sesuai pesan dari Kemendikbudristek, bahwa langkah-langkah penanganan harus dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan setempat," kata Agus Wahidin, Kadisdik Sumedang, Jumat (13/5/2022) di Sumedang

Menurut Agus, saat ini Dinkes Sumedang juga tengah berkoordinasi dengan Dinkes Jawa Barat.

Sebabnya, pencegahan dan penanganan hepatitis misterius ini tidak bisa parsial.

Melainkan mesti secara nasional, atau katanya, paling tidak setingkat Jawa Barat sama.  

"Itu, kan, belum ada bagaimana tatacara pencegahannya, karena hepatitis ini masih misterius, tidak seperti yang sudah diketahui, hepatitis jenis A sampai jenis E," katanya. 

Meski merebak hepatitis misterius, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sumedang masih 100 persen untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), dan 65 persen untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Untuk SMP, yang masuk sekolah hanya kelas 7 dan 8. Kelas 9 SMP telah melaksanakan ujian sehingga para siswa ke sekolah hanya untuk membereskan urusan administrasi. 

"Sampai hari ini Kemendikbudristek belum menyatakan mengembalikan para siswa untuk kembali belajar di rumah atau BDR, belum sampai ke sana," kata Agus. 

Di Sumedang sendiri, PTM 100 persen karena pertimbangan bahwa PPKM di Sumedang sudah level 2, dan dengan demikian boleh menggelar PTM 100 persen. 

"Soal hepatitis sendiri, belum ada temuan di Sumedang, dan semoga tidak ada. Soal pencegahan, pokoknya, Disdik idem dengan Dinkes," ucapnya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Ada Hepatitis Misterius, Disdik Sumedang Tunggu Saran Dinkes, PTM SD Tetap 100 Persen, https://jabar.tribunnews.com/2022/05/13/ada-hepatitis-misterius-disdik-sumedang-tunggu-saran-dinkes-ptm-sd-tetap-100-persen.
Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail

Disdik Kabupaten Sumedang Dinkes Hepatitis


Loading...