Mahasiswa Uniku Ikuti Test Urine Deteksi Dini Narkoba

Mahasiswa Uniku Ikuti Test Urine Deteksi Dini Narkoba
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 22 Februari 2022 09:06 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dalam upaya mengantisifasi hal negatif Mahasiswa Kuningan Jangan Coba-Coba Pakai Narkoba bahkan terjebak mengkonsumsi 'barang haram'. Demikian ditegaskan Wakil Rektor IV Universitas Kuningan (UNIKU) Dr. NovI Satriapraja, M.Pd, disela giat test Urine ratusan Mahasiswa Uniku, di Gedung Student Centre Imam Hidayat kampus setempat, Senin (21/2/2022).

Dalam giat test Urine ini, Uniku bekerja sama dengan BNNK Kuningan dengan sasaran para mahasiswa penerima beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar). Tujuan dari giat test Urine ini kata Novi, sebagai upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus. Kegiatan ini diikuti oleh 300 lebih mahasiswa dari total 5 Fakultas, terangnya.

Gambar
Wakil Rektor IV Uniku Dr. Novi Satria Pradja, M.Pd. menyatakan mendukung penuh kegiatan tersebut karena ia memiliki perhatian serius terhadap permasalahan Narkoba untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal negatif seperti terindikasinya penggunaan narkoba di kalangan mahasiswa Uniku.


Menurut Novi, “kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan perlu dilakukan secara berkelanjutan.


Dari target test Urine1.500 mahasiswa, saat ini baru tahapan awal sebanyak 300 mahasiwa. Kedepanya test Urine akan dikaksanakan bertahap,” ungkapnya.


Pihaknya menyebutkan, terkait hal ini nantinya akan dibentuk UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Bersinar (Bersih Narkoba) dibawah Bimbingan Kantor Pusat Konseling, Karir dan Kesehatan Uniku.

Satgas narkoba ini wajib terbentuk sebagai upaya pencegahan dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus.


Lebih jauh Novi menjelaskan, Uniku dulu sempat memiliki Satgas Narkoba,namun vacum dan akan diaktifkan kembali mulai tahun ini, demi mewujudkan Uniku sebagai kampus Bersih Narkoba (Bersinar).

Gambar


Sementara itu, kepala BNNK Kuningan AKBP Yaya Satyanagara, S.H, dalam arahannya menegaskan, apabila sudah dibentuk Satgas Bersinar Uniku, nantinya dapat dibuat regulasi peraturan rektor atau prodi untuk mahasiswa supaya tidak ada yang menyalahgunakan narkoba, tandas Yaya.


“Manakala ada yang terpapar natinya mereka yang akan membawa dan melaporkan ke kantor BNN, agar dapat segera diantisipasi dan direhabilitasi, sehingga terbentuk Sinegitas antara UKM Bersinar Uniku dan BNNK Kuningan untuk sama-sama mewujudkan Kampus Bersinar.”. (H Aboy)

Mahasiswa Uniku Narkoba Test Urine BNN


Loading...