Pemkab Bandung Kewalahan Tangani Sampah di Pasar Sehat Cileunyi, Pertanyakan Kemampuan Pengelola

Pemkab Bandung Kewalahan Tangani Sampah di Pasar Sehat Cileunyi, Pertanyakan Kemampuan Pengelola
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 25 Januari 2022 15:59 WIB

Terasjabar.id - Tumpukan sampah di Pasar Sehat Cileunyi Kabupaten Bandung sudah menggunung hingga bau busuknya sudah kemana-mana. 

Kepala Bidang pengelolaan sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Yula Zulkarnain, mengatakan, sampah di Pasar Sehat Cileunyi tidak hanya dari pasar.

Di sisi lain, pihaknya rutin mengangkut sampah dari pasar tersebut. Namun, volume sampah yang datang membuatnya kewalahan.  

"Cuma volume sampah yang masuk itu degan kapasitas pengangkutan tidak imbang. Sampah yang masuk ke TPS pasar sehat Cileunyi, bukan hanya yang dari pasar, banyak yg dari luar, bahkan bukan hanya warga Kabupaten Bandung, warga Kabupaten Sumedang juga banyak yang masuk ke situ," kata Yula saat dihubungi pada Selasa (5/1/2022).

Menurut Yula, pengangkutan sampah tersebut, wilayahnya UPTD pelayanan pengangkutan sampah

"Tapi dalam hal ini kita tidak bisa berpangku tangan, rencananya hari Jumat atau Sabtu kita akan adakan opsih di situ (Pasar Sehat Cileunyi)," kata Yula.

Dia meminta pengelola pasar untuk turut serta menangani sampah di kawasan pasar tersebut karena penanganannya tidak hanya bisa melibatkan pemerintah. 

"Jadi kan jika ada seseorang yang memiliki rumah, kan, orang yang bertanggung jawab mengenai sampah itu, kan, pemilik rumahnya," kata dia.

Dalam sepekan, pihaknya mengangkut sampah dari Pasar Sehat Cileunyi dua kali. Adapun volume sampah yang masuk bikin pemerintah kewalahan karena daya angkut truk dengan sampah yang datang jauh berbeda. 

"Dua kali itu kan dua truk kali delapan, jadi 16 meter kubik kan dalam satu minggu ditarik. Sementara yang masuk kan 30 kubik, kan itu tidak terkejar," tuturnya.

(Tribunjabar.id)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pemkab Bandung Kewalahan Tangani Sampah di Pasar Sehat Cileunyi, Pertanyakan Kemampuan Pengelola, https://jabar.tribunnews.com/2022/01/25/pemkab-bandung-kewalahan-tangani-sampah-di-pasar-sehat-cileunyi-pertanyakan-kemampuan-pengelola.

Kab bandung Pasar Sehat Cileunyi Bandung Sampah


Loading...