Duh ! Omicron Udah Ada di Bandung, 6 Orang Dikabarkan Positif

Duh ! Omicron Udah Ada di Bandung, 6 Orang Dikabarkan Positif
Detik.com
Editor: Malda Teras Bandung —Kamis, 20 Januari 2022 10:37 WIB

Terasjabar.id - Kasus Covid-19 yang diakibatkan virus corona varian Omicron,  ternyata sudah ditemukan di Kota Bandung.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rosye Arosila.

Temuan itu berdasar hasil tes whole genome sequencing (WGS).

"Hasil WGS ternyata ya ada yang terkonfirmasi Omicron di Kota Bandung. Sekarang pasien sedang di karantina di BPSDM Jabar," katanya, Kamis (20/1/2022).

Rosye menyebut kemungkinan kasus Omicron yang ada di Kota Bandung lantaran adanya transmisi lokal, sehingga perlu pelacakan sumber awalnya dari mana.

"Terkonfirmasinya itu enam orang, terdiri atas empat orang karena ada penyakit penyerta dan kondisi membaik, lalu dua orang lainnya sedang dirawat di rumah sakit. Kami tentu selalu lakukan tracing dan biasanya ketika CT-nya rendah kemudian ada penyakit penyerta itu yang membuat dia terkonfirmasi. Dari dua pasien itu yang satunya sudah kondisi bagus, ketika di-swab lagi sudah negatif," ujarnya.

Dua pasien yang ada di rumah sakit, kata Rosye, kondisinya juga membaik dan hasil swab negatif.

Sehingga dia hanya perlu dikarantina selama 14 hari dengan menjalankan protokol kesehatan ketat.


"Masyarakat diimbau terus patuhi prokes. Kurangi mobilitas pada hal yang tak perlu. Dan tentunya selalu gunakan masker saat berada di luar rumah," katanya.

Seorang warga Kota Cirebon juga dinyatakan positif terpapar Covid-19 varian Omicron.

Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, mengatakan, saat ini pasien masih menjalani perawatan intensif di Wisma Atlet Jakarta.

"Dari informasi terakhir yang saya terima, pasien masih dirawat di Wisma Atlet," ujar Nasrudin Azis saat ditemui SEusai mendampingi Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi, meninjau Vaksinasi Merdeka Anak di SDIT Al Falah, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (19/1/2022)

Ia mengatakan, pasien tersebut tercatat sebagai warga Kota Cirebon meski telah bertahun-tahun tidak tinggal di Kota Udang.

Pasalnya, pasien tersebut merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Pakistan.

Dia dinyatakan positif Omicron saat menjalani karantina.

"Pasien memiliki KTP Kota Cirebon, tapi lama bekerja di luar negeri, dan saat pulang dinyatakan terpapar Omicron," kata Nasrudin Azis.

Pihaknya memasikan, hingga kini di Kota Cirebon tidak ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Namun, Pemkot Cirebon bersama instansi terkait menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran Omicron di Kota Udang.

Di antaranya, menurut dia, memperketat penerapan protokol kesehatan di seluruh sektor masyarakat dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, Azis meminta semua elemen masyarakat Kota Cirebon siaga dan mewaspadai penyebaran Covid-19 varian Omicron, namun tidak panik.

"Mudah-mudahan kesiapan dari semua pihak membuat Omicron tidak menyebar di Kota Cirebon, tapi tetap waspada," ujar Nasrudin Azis. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul WASPADA! Omicron Sudah Serang Bandung, Ditemukan Enam Orang Terpapar, Begini Kondisinya, https://jabar.tribunnews.com/2022/01/20/waspada-omicron-sudah-serang-bandung-ditemukan-enam-orang-terpapar-begini-kondisinya?page=all.
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama | Editor: Giri

Virus Corona Omicron Viral Bandung Dinkes Kota Bandung


Loading...