Kapal Kargo Bermuatan Pupuk Terbakar di Area 70 Cilacap

Kapal Kargo Bermuatan Pupuk Terbakar di Area 70 Cilacap
(Kompas Regional : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 1 Desember 2021 10:58 WIB

Terasjabar.id - Peristiwa kebakaran menimpa kapal kargo Pusri MT Soemantri Brodjonegoro Jakarta bermuatan pupuk di area 70 Cilacap atau terminal khusus dermaga pertamina dengan 27 Anak Buah Kapal (ABK).

Menurut keterangan Kapten RIB Basarnas Cilacap, Maryadi mengatakan peristiwa ini diketahui pertama kali pada Rabu (1/12/2021) sekitar pukul 07.15 WIB.

"Dapat kami sampaikan kapal Soemantri Brodjonegoro dengan muatan pupuk kondisinya masih terbakar dan saat masih dilakukan upaya pemadaman oleh petugas," katanya melalui pesan video kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Berdasarkan catatan manivest jumlah ABK yang tertulis 27 penumpang, namun pada saat akan berangkat atas nama Dwi Haryanto ditunggu tak kunjung datang. Akhirnya atas nama tersebut ditinggal.

"Jadi penumpang yang berangkat ke Cilacap total 26 penumpang dan yang sudah dievakuasi 21, yang masih di atas kapal 5 orang. Menurut informasi kapten seluruh penumpang sudah clear. Tinggal yang di atas kapal sedang membantu atau memantau proses pemadaman," jelasnya.

Proses pemadaman tersebut selain dari Basarnas juga melibatkan, Lanal, Polairud, Pertamina, KPLP, Pelindo, Navigasi Cilacap dan KKP Pelabuhan. Hingga saat berdasarkan informasi dari tim Basarnas kondisi kapal masih dalam proses upaya pemadaman.

"Pemadaman masih dilakukan oleh tim SAR gabungan dengan menggunakan Kapal Tugboat milik Pelindo dan Pertamina," terangnya.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti penyebab kebakaran Kapal Kargo Soemantri Brodjonegoro tersebut. Berdasarkan keterangan ABK pada pagi tadi tiba-tiba ada asap tebal dari salah satu bagian kapal.

Disadur dari Suara.com 

Kapal Kargo Pusri MT Soemantri Brodjonegoro Jakarta Area 70 Cilacap


Loading...